32 Peserta Ikuti Jambore Nasional

bandungekspres.co.id, NGAMPRAH – Bupati Bandung Barat Abubakar melepas 32 anggota penggalang Pramuka yang turut ambil bagian menjadi wakil Jawa Barat dalam ajang Jambore Nasional X 2016 di Bumi Perkemahan Pramuka, Cibubur, Jakarta. Acara tersebut akan dilaksanakan mulai 14 – 21 Agustus 2016.

Menurut Abubakar, para peserta yang merupakan dari Kabupaten Bandung Barat untuk bergabung mewakili Jawa Barat ditargetkan bisa meraih prestasi membanggakan. Sebab, kata Abubakar, para peserta ini sudah terlatih dan memiliki sejumlah prestasi. ”Saya melepas secara resmi anak-anak penggalang Pramuka Kabupaten Bandung Barat, mereka adalah hasil dari seleksi Kwartir Cabang Pramuka,” kata Abubakar usai menghadiri acara pelepasan Penggalang Pramuka kemarin (12/8).

Abubakar berpesan agar anak-anak penggalang Pramuka Kabupaten Bandung Barat wakil Jabar bisa turut ambil bagian dan bisa menampilkan kesenian atau keahlian lainnya yang khas dari Kabupaten Bandung Barat. Jambore Nasional juga harus dijadikan sebagai ajang untuk membangun komunikasi dan relasi antar anggota Pramuka Se-Indonesia. ”Mereka nanti di sana menjadi duta Jawa Barat dengan menampilkan kreativitas yang dimilikinya,” ujarnya.

Dikatakan Abubakar, dengan semangat Tri Satya Dasa Dharma Pramuka, kegiatan Pramuka ini juga menjadi salah satu cara dalam membentuk karakter pada anak-anak. ”Dalam kegiatan Pramuka ini selalu ditanamkan nilai-nilai kejujuran, tolong menolong antar sesama dan menumbuhkan jiwa kepemimpinan,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Kabupaten Bandung Barat, Agustina Piryanti menambahkan, seluruh peserta yang ikut dalam ajang Jambore Nasional berjumlah 32 penggalang pramuka yang terdiri dari 16 siswa SD dan 16 siswa SMP/Madrasah Tsanawiyah. Mereka yang ikut adalah mereka yang lolos seleksi dan proses administrasi sebagai wakil dari setiap Kecamatan di KBB.

Agustina mengatakan, para penggalang pramuka wakil KBB nantinya akan bergabung dengan kontingen kwartir daerah Jawa Barat untuk diberangkatkan ke Jakarta setelah dilepas secara resmi oleh Gubernur Jawa Barat. Selama 10 hari mereka akan mengikuti beragam kegiatan seperti wisata pendidikan, berbagai perlombaan, atraksi dan kegiatan lainnya. ”Ada penampilan pencak silat sebagai aktrasi yang dimiliki para peserta. Kita yakini mereka yang mengikuti kegiatan ini akan berbekal prestasi untuk menyelesaikan berbagai tantangan yang diberikan,” pungkasnya. (drx/fik)

Tinggalkan Balasan