Cibeunying Kaler Galakkan Program Kampung Berkebun

Sempitnya lahan perkotaan tidak menutup kemungkinan untuk bercocok tanam. Melaui beberapa cara, warga perkotaan pun dapat berkebun.

CIBEUNYING KALER

KAMPUNG Berkebun yang menjadi program Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Bandung disambut baik sejumlah kecamatan. Di mana program tersebut disalurkan kepada setiap RW untuk menjalankannya. Seperti yang di lakukan oleh warga RW 01, Kelurahan Cigadung, Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung.

Ade, salah seorang warga yang juga pengurus Kampung Berkebun mengatakan, langkah awal dari Program Kampung Berkebun ini memberikan pelatihan bercocok tanam kepada warga. Di mana kegiatan tersebut digelar sejak Februari 2014.

”Warga dilatih untuk menanam sayur dan buah-buahan dengan mengguanakan hidroponik atau menanam dengan menggunakan media air,” kata Ade kepada Bandung Ekspres saat ditemui di lokasi pembibitan Kampung Berkebun Kecamatan Cibeunying Kaler kemarin (11/8).

Ade mengungkapkan, Pemkot Bandung juga menggandeng komunitas Agritektur untuk membantu pemasaran hasil panen melalui Bandung Agri Market. Menurutnya, ada empat keuntungan yang bisa didapat dari program Kampung Berkebun. Yakni, Edukasi, Ekologi, Ekonomi dan Sosial.

”Nilai edukasi dari program Kampung Berkebun, warga jadi mengetahui cara bercocok tanam ramah lingkungan dan menghasilkan lingkungan yang sehat,” jelas Ade.

Ade memaparkan, nilai edukasi lainnya warga bisa memanfaatkan waktu luang untuk hal yang produktif. Karena nilai ekologi Program Kampung berkebun berlangsung secara alamiah. Berbagai jenis tanaman dibudidayakan warga, sehingga lingkungan hijau sekaligus menyaring oksigen dan memberikan kontribusi terhadap pemenuhan ruang hijau terbuka yang harus di miliki setiap kota. ”Nilai Ekonomi Program Kampung Berkebun diperoleh ketika tanaman yang dibudidayakan panen,” paparnya.

Lebih lanjut Ade menegaskan, Nilai sosial program Kampung Berkebun ini dilandaskan oleh semangat gotong royong. Dari awal pelatihan sampai ke perawatan tanaman, semua warga bekerja sama jadi lebih banyak terjalin interaksi di lingkungan RW 01 yang tergabung dalam konumitas Kampung Berkebun. Menurutnya, selain empat keuntungan yang tadi Program Kampung Berkebun juga memiliki Potensi Ekowisata untuk mengenalkan kepada siswa agar mereka bisa mengenal dan tau cara bercocok tanam.

Tinggalkan Balasan