Kontes Ternak Ajang Mencari Bibit Unggul

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Dinas Peternakan (Disnak) Jabar berencana menyelenggarakan kontes ternak yang akan dilaksanakan di Kabupaten Karawang, hari ini (11/8). Kontes itu diketahui merupakan agenda rutin dan even tahunan yang telah dilaksanakan 35 kali

”Kontes ternak pertama kali digelar di Cianjur  dan sampai sekarang terus dilakukan tiap tahunnya,” jelas Kepala Disnak Dodi Firman Nugraha ketika ditemui di kantor Dinak Jalan Ir H Djuanda, kemarin (10/8)

Menurutnya, even ini sebenarnya sangat ditunggu bagi pencinta hewan dan kelompok peternak di seluruh kabupaten/kota. Sebab, kegiatan tersebut tak sekadara membawa kepuasan bagi peternak, tapi juga kebanggan kedaerahan.

Di samping itu, Dodi juga berharap, kontes itu juga bisa memberikan bimbingan kepada peternak baru. Supaya bisa mengembangkan ternak-ternak yang mereka garap menjadi memiliki daya saing tinggi.

”Nanti yang dikonteskan itu ada sapi perah, sapi potong, domba, ayam pelung,” tuturnya. ”Peserta juga beberapa di antaranya berasal dari komunitas pecinta hewan peliharaan,” sambungnya.

Dia memerinci, kontes ternak akan dinilai oleh tim sertifikasi independen yang akan menilai dari sisi kualitas dan kuantitas hewan ternak.

Dodi menambahkan, selain kontes ternak, pada saat acara juga akan dilaksanakan panen pedet (anak sapi) untuk memacu produktivitas bibit sapi unggul. Termasuk memberikan arahan agar peternak mau memelihara pedet sampai siap jual.

”Tidak hanya kualitas, tapi harapan kami dari sisi kuantitas juga bisa terpacu lebih baik lagi,” pungkas Dodi. (yan/rie)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan