Bersepeda ke Gunung Rinjani

bandungekspres.co.id, SUMUR BANDUNG – Empat pesepeda asal Kota Bandung akan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia dengan melakukan ekspedisi Jawa-Bali-Lombok menggunakan sepeda. Rencananya, kegiatan ini akan berlangsung selama satu bulan.

Tim kecil berjuluk Rajawali Adventure No Limit (RAN) tersebut terdiri atas Setyo Hadi, 49, Tuti Sugiarti, 48, Ridwan Fahillah, 22, dan Imas Sumirat, 31. Perjalanan dimulai dari titik 0 kilometer di Jalan Asia-Afrika, KotaBandung, kemarin (1/8).

Rute perlanan tim RAN ini akan melewati Banjar-Yogyakarta dan berencana singgah di Surabaya. Rute akan berakhir Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Menurut salah satu pesepeda, Tuti, selama di Surabaya, rencananya akan menyambangi lokasi-lokasi wisata yang ada di Kota Pahlawan tersebut. ”Rute tapak tilas perjuangan kemerdekaan ini mengambil jalur Jalan Raya Pos Daendels. Perjalanan diperkirakan lima pekan,” kata Tuti sebelum memulai perjalanan.

Untuk tanggal 17 Agustus nanti, pihaknya akan merayakan di Gunung Batur atau ikut upacara pemerintahan. Setelah itu baru melanjutkan perjalan ke Bali dan Lombok.

Bagi tim RAN, perjalanan jauh ini bukanlah yang pertama kali. Sebelumnya, tim RAN pernah melakukan perjalanan serupa ke puncak Gunung Dieng, Jawa Tengah.

Meskipun demikian, ekspedisi kali ini perlu sudah sudah dipersiapkan secara matang. Di antaranya, mulai dari latihan fisik dan menyiapkan perbekalan seperti pakaian, makanan, tenda untuk tidur.

Untuk latihan fisik sendiri dilakukan selama satu jam tiap hari selama sebulan kebelakang. Perjalanan ini, diakui olehnya melatih hawa nafsu dan emosi, karena perjalanan jauh yang pasti melelahkan

”Sebelum melakukan perjalanan, kami kembali memastikan kondisi sepedah baik,” ungkapnya. Dia menambahkan, barang bawaan tidak lupa seperti, helm dan sarung tangan sudah dipakai untuk menjaga keselamatan. (nit/fik)

Tinggalkan Balasan