Bandung Timur Bakal Jadi Pusat Kota

bandungekspres.co.id, SUMUR BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung menyiapkan konsep tata kota modern di wilayah timur. Sesuai rencana, Bandung timur jadi pusat pembangunan. Dengan Gedebage jadi pusat pemerintahan dan pintu gerbang menuju Jakarta dengan dibangunnya Kereta Api cepat Bandung-Jakarta.

Selain itu, akan dibangun light rapid transit (LRT) yang ditargetkan selesai tahun 2018. Semua itu ditunjang dengan berbagai proyek pembangunan infrastruktur lain yang segera menyusul.

Kepala Seksi Rencana Peremajaan dan Pengembangan Kota Distarcip Kota Bandung Rury Rofiyan menegaskan, wilayah timur Kota Bandung akan jadi pusat pertumbuhan dan pembangunan Kota Bandung.

Rury mengatakan, Pemkot Bandung sudah memiliki blueprint rencana pembangunan kota sebagaimana tercantum dalam Perda No. 10 Tahun 2015 tentang RDTR dan Peraturan Zonasi Kota Bandung. ”RDTR ini berlaku selama 20 tahun ke depan dari tahun 2015-2035,” kata Rury di Balaikota Bandung, kemarin (26/7).

Dalam RDTR, lanjutnya, ada pembagian subwilayah Kota (SWK) menjadi 8, di antaranya Karees, Arcamanik, Bojonegara, Cibeunying, Tegallega, dan lainnya.

Selain itu Rury mengatakan, pembangunan Kota akan  mengikuti peruntukan bangunan sesuai zona yang ditetapkan, serta melihat daya dukung daya tampung dari masing masing SWK.

Dia mencontohkan, wilayah Bojonegara menjadi salah satu kawasan yang harus ditekan pembangunannya. Sementara di wilayah Timur seperti Gedebage justru didorong pembangunan di wilayah tersebut.

”Kita harus melihat daya dukung daya tampung dari masing masing SWK. Jadi masing-masing wilayah sudah diplot sesuai dengan peruntukannya,” katanya.

Rury mengungkapkan, pembangunan untuk sektor perdagangan jasa paling banyak diajukan di Kota Bandung. Namun jika berdiri di kawasan yang tidak sesuai dengan peruntukan maka tidak akan diberikan rekomendasi oleh Distarcip.

”Jangan sampai wilayah yang dalam RDTR misalkan diperuntukkan untuk kawasan perumahan kemudian menjadi kawasan perdagangan jasa. Nah ini banyak sekali yang mengajukan. Namun kita arahkan sesuai dengan peruntukkan di wilayah Timur, misalnya Gedebage,” kata dia. (rmo/mer/fik)

Tinggalkan Balasan