PT WIKA Percepat Jalan Interchange Tol Gedebage

 

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Percepatan pembangunan interchange jalan tol Gedebage sebagai penunjang penyelenggaraan PON XIX/2016 di Jawa Barat, dipastikan selesai sebelum pembukaan PON.

Untuk diketahui, interchange untuk jalur kanan yang akan digunakan untuk akses pintu masuk tol tersebut, merupakan untuk akses ke Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Demi tercapainya presentase jalan yang merupakan bagian jalan Bandung Intra Urban Toll Road (BUITR) tersebut, berbagai cara telah dilakukan baik oleh pemerintah maupun PT Wijaya Karya (WIKA) selaku pelaksana pada proyek tersebut.

Salah satunya agar proses pekerjaan tidak terhambat dengan kondisi cuaca, PT Wika akan berkoordinasi dengan pihak Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) agar bisa mengetahui kondisi cuaca.

Kepala Seksi Komersial Interchange Gedebage PT WIKA Suwantoro mengatakan, pembangunan jalan akses Gedebage terdiri atas jalan utama sepanjang 630 meter yang tersambung dengan dua jalan layang melingkar masing-masing sepanjang 1,3 kilometer dan 0,8 kilometer.  Adapun kondisi terkini pekerjaan sudah mencapai 70 persen.

’’Memang kita tidak boleh mengeluh dengan cuaca. Tapi ini salah satu kendala kami di lapangan dalam melaksanakan pekerjaan,” kata Suwantoro kepada Jabar Ekspres, saat ditemui di ruang kerjanya, beberapa waktu lalu.

Suwantoro menjelaskan, selain faktor cuaca salah satu faktor yang dapat menghambat pekerjaan juga karena adanya pembatasan jam kerja oleh warga sekitar proyek. Warga keberatan pekerjaan dilakukan pada malam hari.

Namun demikian, pihaknya dapat memastikan untuk jalur kanan yang nantinya akan digunakan untuk akses ke GBLA pada saat pembukaan PON jalan tersebut dipastikan selesai dan bisa digunakan.

”Kalau untuk jalur kanan yang akan dipakai jalur PON kami pastikan bisa selesai sebelum pelaksanaan PON. Namun, untuk pekerjaan lainnya akan kami selesaikan sesuai dengan batas waktu yang ditentukan dalam kontrak kerja,” jelas Suwantoro.

Suwantoro memaparkan, pihaknya sangat berterima kasih kepada Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan yang sudah membantu dalam proses percepatan akses pembangunan interchange Gedebage. Menurut dia,  gubernur telah memberikan surat imbauan kepada masyarakat di sekitar lokasi pembangunan terutama dalam surat itu ditujukkan bagi masyarakat Cluster Cemara Perum Bumi Adipura.

Tinggalkan Balasan