oleh

Kabupaten Bandung Pasok 40 Persen Kebutuhan Sayuran di Jabar

bandungekspres.co.id, SOREANG – Kabupaten Bandung memiliki lahan pertanian yang luas dan subur. Hal ini menjadi potensi besar hingga bisa berkontribusi besar bagi pasokan sayuran dan pangan di Provinsi Jawa Barat.

Selain memasok 40 persen kebutuhan sayuran di Jabar, beberapa kelompok tani pun telah berhasil mengekspor beraneka sayuran kualitas unggulan ke beberapa negara.

Kepala Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Bandung Tisna Umaran mengatakan, lahan pertanian sayuran tersebut terdapat di semua kecamatan yang terletak di dataran tinggi. Seperti di Pangalengan, Cilengkrang, Ibun, Kertasari, Ciwidey, dan Pasirjambu. Hasil dari berbagai pertanian sayuran ini, sebagian besar dijual di luar Kabupaten Bandung.

Baca Juga:  Resmikan Jalan Layang Baru, Ridwan Kamil Pesankan Hal Ini pada Mang Oded

”Dukungan dan bantuan terus kami lakukan. Mulai dari kelembagaannya, kemudian penyediaan infrastruktur jalan dan irigasi ke kawasan pertaniannya. Bahkan, sejak lama berbagai universitas bersama-sama petani mengembangkan pertanian di Kabupaten Bandung,” kata Tisna belum lama ini.

Tisna juga mengatakan, selain dijual ke berbagai daerah di Jabar dan Jakarta, hasil pertanian dari Kabupaten Bandung ini pun ada yang diekspor ke sejumlah negara. Ini dilakukan oleh beberapa kelompok tani di Kabupaten Bandung, di antaranya sampai ke Eropa, Timur Tengah, China, Jepang, Singapura, atau Korea Selatan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga