Pemprov Jabar Akan Lakukan Peningkatan BLK

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Untuk meningkatkan kualitas para peserta calon tenaga kerja, Pemprov Jabar berencana akan meningkatkan Kapasitas keberadaan Balai Latihan Kerja (BLK).

Sekretaris Daerah (sekda)Jawa Barat Iwa Karniwa mengatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi bersama Kementerian Tenaga Kerja (Menaker) Indonesia untuk melakukan sinkronisasi dan sinergitas. Terlebih saat ini Indonesia sedang mengahadapi Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE).

”Dari hasil pembicaraan itu, nanti langkahnya kita akan meningkatkan mutu kualitas para instruktur BLK serta menambah jumlah personelnya,” jelas Iwa ketika ditemui di Gedung Sate, kemarin (21/7).

Menurutnya, peningkatan kualitas dan jumlah infrastruktur ini akan segera dilakukan. Termasuk menambah jumlah BLK sehingga diharapkan nantinya menghasilkan calon tenaga kerja yang terampil dan berkapasitas dalam bidangnya.

”Peningkatan kualitas ini penting. Sebab saat ini dengan berlakunya MEA, tenaga kerja kita bersaing dengan tenaga kerja asing yang datang dari luar,” kata Iwa.

Selain itu, sebagai bentuk legitimasi calon tenaga kerja yang telah menempuh pelatihan di BLK akan mendapat sertifikasi. Iwa menyebutkan, saat ini di jabar ada 10 BLK dan semuanya berjalan baik.

Iwa menambahkan, bentuk kerjasama dengan kalangan dunia usaha dan Industri juga akan terus di Instensifkan agar para peserta yang telah melakukan pelatihan di BLK bisa terserap baik di dalam negeri maupun luar negeri.

”Jadi selain peningkatan kualitas dan jumlah BLK kerjasama dengan pihak ke-3 juga penting sebagai sarana penyerapan tenaga kerja,” pungkas Iwa. (yan/rie)

Tinggalkan Balasan