PPS Jangan Mudah Tergoda

bandungekspres.co.id, CIMAHI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi meminta para anggota Panitia Pemungutan Suara untuk mampu memberikan kepercayaan kepada masyarakat sebagai lembaga penyelenggara Pemilu yang netral dan bebas dari berbagai kepentingan pribadi dan golongan. Pasalnya, tidak dipungkiri pada Pilkada nanti banyak pihak-pihak tertentu yang ingin memanfaatkan keberadaan PPS untuk kepentingan pribadi dan golongannya.

”Kami meminta para anggota PPS ini untuk waspada terhadap orang orang yamg akan menjerumuskan para anggota PPS karena janji-janji pihak tertentu,” ungkap Ketua KPU Kota Cimahi Handi Dananjaya, usai melantik 45 anggota PPS se-Kota Cimahi, di Hotel Endah Parahyangan, Jalan Amir Machmud, Rabu (20/7) kemarin.

Menurut Handi, para anggota PPS harus  tetap menjaga integritas dan berhati-hati dalam melaksanakan tugas penyelenggaraan Pemilihan Umum Kepala Derah (Pilkada) secara langsung Februari 2017 mendatang. Para anggota PPS dalam melaksanakan tugasnya tetap melakukan komunikasi yang baik antara PPS dan PPK maupun KPU. ”Kegiatan-kegiatan apapaun yang ada di lapangan harus senantiasa dimonitor dan disampaikan baik kepada PPK maupun KPU, sehingga akan mempercepat kerja jika ada sesuatu yang harus dituntaskan segera,” katanya.

Tak hanya itu dalam menjaga kepercayaan publik kepada penyelenggara Pemilu, para anggota PPS harus tetap menyampaikan secara terbuka kepada publik sehingga masyarakat akan paham apa yang telah dilaksanakan PPS sebagai bagian dari lembaga KPU. Dalam waktu dekat ini, tugas berat yang harus dilakukan para anggota PPS adalah melakukan validasi data pemilih di masing-masing wilayah. ”Saya meminta mereka untuk melaksanakan tugasnya sesuai dengan aturan yang ada,” paparnya.

Sedangkan Ketua Pokja Hukum KPU Cimahi, Sri Suwati mengungkapkan, kerja dari PPS PPK dan KPU merupakan kerja berjenjang yang jarus disampaikan kepada KPU Provinsi ataupun KPU Pusat, karenanya komunikasi antara PPS sampai KPU harus selalau solid agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.  ”Kami berharap PPS banyak berkoordinasi dengan PPK, melaksanakan monitoring,” jelasnya.

Anggota PPS Kelurahan Padasuka, Ojat Hidayat  mengaku usai dilantik sebagai anggota PPS dirinya akan berusaha memegang teguh undang-undang  dan menjalankan tugas sebagaimana sumpah dan janji yang diikrarkan saat pelantikan. ”Mudah-mudahan sebagai penyelenggara Pemilu, kami diberi kekuatan serta keselamatan dan dapat melaksanakan tugas sesuai dengan ketentuan yang ada,” pungkasnya. (bun/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan