Evaluasi Seluruh Pejabat Struktural

bandungekspres.co.id, NGAMPRAH – Bupati Bandung Barat Abubakar mengaku akan segera melakukan evaluasi terhadap para pejabat struktural di lingkungan Pemkab Bandung Barat. Pasalnya Ia memandang hasil capaian yang ditorehkan belum maksimal dan tidak sesuai dengan target yang telah dilaksanakan. Bahkan, diakui Abubakar, belum lama ini ditemukan salah seorang pejabat yang tidak menguasai data di bidangnya saat ditanya oleh media. ’’Saat ini saya tengah meminta masukan dari Badan Pertimbangan Jabatan dan Pangkat (Baperjakat) terkait pejabat mana saja yang perlu dilakukan evaluasi termasuk apakah harus dipertahankan, dirotasi, mutasi, atau dipromosikan. Bahkan jika memang kinerjanya tidak sesuai maka tidak menutup kemungkinan untuk diturunkan dari jabatannya,” ujar Abubakar, kemarin.

Berdasarkan laporan yang diterimanya, ada beberapa pejabat yang tidak menguasai tugas pokok dan fungsinya, sehingga tidak mampu mengambil inisiatif yang berpengaruh terhadap kinerja bawahannya dan berdampak pada tidak tercapainya target yang telah direncanakan.

Selain itu, Abubakar menambahkan, persoalan yang penyangkut Personil, Prasarana, Pembiayaan dan Dokumen (P3D) merupakan hal yang melekat pada jabatan struktural manapun, sehingga jika ada yang tidak mampu menangani permasalahan tersebut Ia meminta pejabat yang bersangkutan untuk segera mengundurkan diri agar tidak mengganggu terhadap kinerja bawahannya. ’’Jika memang tidak mampu menempati jabatan struktural sebaiknya mundur saja. Pilih jabatan fungsional saja,” ujarnya.

Selain hal-hal tersebut, raihan Opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) dari Badan Pemeriksa Keuangan terhadap Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Keuangan Pemerintah Daerah Tahun 2015 yang diumumkan dan diserahkan beberapa waktu lalu menjadi pertimbangan lainnya. ’’Terus terang saya kecewa terhadap opini BPK RI tahun ini. Karena saya menargetkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap LHP keuangan pemda tahun lalu,” terang Abubakar.

Dia mengakui, selama ini dirinya tidak banyak bicara dalam mengarahkan bawahannya, sehingga banyak pejabat yang terlena dan tidak mampu mencapai target kinerjanya. Dan kini dia akan memperlihatkan ketegasannya dengan melakukan evaluasi terhadap kinerja pejabat yang tidak sesuai dengan harapannya. ’’Saya minta seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan yang ada di Kabupaten Bandung Barat termasuk media massa untuk turut mengawasi kinerja aparatur daerah yang ada di Kabupaten Bandung Barat. Sebab, dalam melaksanakan pembangunan dibutuhkan banyak mata dan telinga untuk mengawasinya,” paparnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan