Siswa Mulai Daftar Ulang, Tanpa Dipungut Biaya Apapun

bandungekspres.co.id, SOREANG – Sekolah tingkat SMP dan SMA mulai membuka daftar ulang bagi peserta didik baru tahun pelajaran 2016-2017. Seperti yang dilakukan SMK Negeri 1 Soreang Kabupaten Bandung. Sekolah kejuruan ini mulai melaksanakan daftar ulang sejak kemarin (11/7) hingg Sabtu (16/7).

Iman Rahman, 45, salah satu orang tua siswa kelas XI jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMKN 1 Soreang mulai mendaftarkan ulang anaknya. ” Anak saya sudah masuk tahun kemarin, jadi sekarang ini kelas XI. Daftar ulang dilaksanakan hari ini karena memang aturan sekolah yang menyarankan orang tua murid agar daftar ulang hari ini,” terangnya.

Hal serupa juga dilakukan Aini Valpares, salah satu orang tua siswa SMP di Kecamatan Banjaran. Dia mendaftarkan ulang anaknya  kemarin, karena menganggap mumpung masih kosong dan banyak waktu luang. ”Saya mendaftarkan ulang untuk anak saya yang masuk SMP di Banjaran. Bahkan sekaligus rapat orang tua siswa untuk soal pembiayaan anak saya nanti ketika mulai masuk belajar di sekolah ini,” ujar Valpares kemarin.

Pihak sekolah melaksanakan daftar ulang tanpa memungut biaya apapun. Hal itu dilakukan untuk melihat siswa yang masih akan belajar di sekolah. Soal yang dipungut biaya, masih ada untuk  siswa yang memiliki tunggakan atas kewajiaban terhadap sekolah.

”Sekolah tidak memungut biaya daftar  ulang kecuali si anak itu mempunyai tunggakan atas kewajibannya kepada sekolah. Misalnya belum membayar DSP tahu lalau ataupun SPP bulananya. Apalagi yang sekolahnya di swasta,” ujar salah satu guru yang enggan disebutkan namanya.

Diberitakan sebelumnya, Penerimaan Pesertta Didik Baru (PPDB) bagi siswa SD sampai SMA di Kabupaten Bandung dilakukan tanpa pungutan biaya sepeser pun alias gratis. Bahkan dalam PPDB itu pemerintah Kabupaten Bandung melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) memasang pengumunan yang disebar di seluruh kantor kecamatan se Kabupaten Bandung. (gun/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan