oleh

Zakat Jabar Tembus Rp 253 Miliar

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengapresiasi jumlah raihan zakat yang dikumpulkan Baznas Jabar tahun ini. Sebab, tingkat kesadaran warga Jawa Barat terus naik.

Berdasarkan data Baznas Jabar, total zakat yang dikumpulkan dari kota/kabupaten di Jabar mencapai Rp 253.934.891.439. Jumlah itu, naik 22 persen atau naik Rp 38 miliar dari perolehan zakat tahun lalu.

Rincian lainnya, zakat fitrah tercatat sebesar Rp 214.636.556.720. Kemudian, zakal mal Rp 26.297.618.326. Sedangkan infaq dan sedekah sebesar Rp Rp 13.000.716.393.

”Alhamdulillah, semakin baik,” tegas Ahmad Heryawan usai melakukan salat Id di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, beberapa waktu lalu.

Dia menilai, raihan zakat tersebut bisa lebih tinggi. Sebab, hingga saat ini banyak masyarakat yang menyalurkan zakatnya sendiri.

Hal tersebut, dianggap wajar dan lumrah terjadi. Meski dia berharap, umat muslim di Jabar bisa menyalurkannya ke lembaga zakat.

”Harapannya disalurkan ke lembaga zakat agar bisa termonitor dengan dengan baik. Sebab, pendistribusian zakat itu sendiri bisa dimusyarahkan,” paparnya.

Dia mencontohkan, warga yang memberikan zakat di Kota Bandung, bisa berkoordinasi untuk menyalurkan zakat mereka ke daerah di Kabupaten Bandung. Atau sebaliknya. ”Itu sah, dan diperbolehkan,” ujarnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga