Di Sukabumi Sampah Naik 100 Persen

bandungekspres.co.id, SUKABUMI – Pasca Hari Raya Idul Fitri Tahun 1437 Hijriyah, volume sampah di Kota Sukabumi mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari hari-hari biasa. Yakni kurang lebih mencapai 320 ton, sementara rata-rata hari biasa mencapai mencapai 169 ton.

Kepala Dinas Pengelolaan Sampah, Pertamanan dan Pemakaman (DPSPP) Kota Sukabumi, Adil Budiman,  mengungkapkan, pada peringatan Idul Fitri pihaknya mengerahkan sebanyak 401 petugas kebersihan yang disebarkan di 7 kecamatan se-Kota Sukabumi. Sedangkan armada truk yang dioperasikan untuk mengangkut sampah mencapai 31 unit, ditambah 40 unit motor sampah yang tersebar di 33 kelurahan.

”Mereka, petugas kebersihan dikerahkan sejak malam takbiran hingga hari raya Idul Fitri. Meski waktunya liburan, namun mereka tetap melaksanakan tugasnya untuk menjadikan Kota Sukabumi bersih dan sehat,” jelasnya.

Berdasarkan data yang ada di DPSPP Kota Sukabumi, terang Adil, produksi atau volume sampah dari setiap orang warga Kota Sukabumi rata-rata mencapai 2,5 kilogram per hari. Oleh karenanya, diperlukan adanya gerakan pengurangan sampah domestik rumah tangga. Adapun target pengurangan produksi atau volume sampah dari setiap masyarakat, yakni hingga dibawah 2 kilogram per hari. ”Saya berharap volume sampah setiap harinya berkurang, hingga secara otomatis kapasitas TPA Sampah Cikundul akan bertahan lebih dari empat tahun ke depan,” katanya.

Tidak hanya itu saja, kata Adil, dalam mengurangi sampah-sampah ini. DPSPP Kota Sukabumi selalu melakukan cara memilah sampah organik dan sampah anorganik, untuk dijadikan pupuk kompos dan didaur ulang menjadi barang-barang yang bernilai ekonomis. Seperti tas, dompet, mainan anak dan sebagainya. ”Selain memungut dan membersihkan sampah, kami juga selalu memilah-milah. Sampah yang benar – benar dapat dimanfaatkan dan didaur ulang,” urainya. (ndi/rie)

Tinggalkan Balasan