Jalur Selatan Diberlakukan Buka Tutup

bandungekspres.co.id, NAGREG – Memasuki H-3 Lebaran, arus mudik jalur Nagreg mengalami kepadatan. Volume kendaraan yang melintasi Jalan Nagreg Kabupaten Bandung ini mulai mengalami kenaikan hingga empat kali lipat dari kemarin. Untuk mengantisifasi kemacetam Satuan Lalu Lintas Kepolisian Sektor Bandung mulai memberlakukan sistem buka tutup di pertigaan Jalan Cagak, Nagreg.

Iptu Sudier Anggota Lantas Polres Bandung mengatakan, hal ini diberlakukan lantaran terjadi kemacetan di Jalan Limbangan, Kabupaten Garut, akibat banyaknya pasar tumpah dan terjadi penyempitan jalan. Sejak pagi tadi  pihaknya sudah melakukan sistem buka tutup sejak kemarin petang guna mengurai kemacetan.

“Sistem buka tutup ini untuk mengurai kemacetan karena jalan sudah tidak bisa menampung volume kendaraan yang masuk,” katanya dilokasi Minggu (03/07) siang.

Sudier mengungkapkan, sistem buka tutup ini dilakukan bergiliran. Ketika jalur sebelah kiri dengan arah tujuan Tasikmalaya melalui Limbangan mengalami penumpukan, maka petugas kepolisian akan menutup jalur sebelah kiri dan mengalihkan kendaraan menuju sebelah kanan melalui jalur Garut kota begiti sebaliknya sebaliknya, ketika yang arah sebelah kanan dengan tujuan Garut Kota sudah terjadi penumpukan, maka kami alihkan laju kendaraan menuju arah Limbangan.

“Antrean kendaraan di jalur selatan Nagreg memang cukup panjang. Kemacetan pun mengular sekitar 4 kilometer dari turunan Nagreg hingga Jalan Cagak, Nagreg,” ungkapnya.

Lebih lanjut Sudier menjelaskan, bagi para pemudik dengan tujuan Tasikmalaya melalui Limbangan dan terkena imbas buka tutup sehingga dialihkan ke arah Garut, maka nanti bisa belok kiri seusai pasar Leles, Kabupaten Garut, yang nantinya tembus lagi di pasar Limbangan. Meskipun jalan yang terkena pengalihan bedanya cuma 20 Km lebih panjang bagi pemudik dengan tujuan Tasik via Leles, Garut, tapi lalu lintasnya memang lebih lancar da risiko kecelakaannya cukup kecil.

“Kepadatan diperkirakan terjadi hari ini dan besok, tapi prediksi puncak arus mudik H-3 sekarang,” pungkasnya.  (dn)

Tinggalkan Balasan