Bakal Bangun Tol Air Guna Bebaskan Banjir Gedebage

** 

SUMUR BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung berencana membuat saluran pipa besar untuk mengatasi banjir di kawasan Gedebage. Teknologi yang disebut Tol Air ini bisa mengalirkan air dari beberapa titik genangan yang kemudian bermuara di Cinambo.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil  mengatakan, Tol Air ini diharapkan ampuh mengatasi banjir di kawasan Bandung Timur seperti daerah Gedebage dan Jalan Rumah Sakit Kota Bandung, Jawa Barat. ”Tentunya Pemkot Bandung terus berupaya mengatasi banjir di berbagai titik dan menampung berbagai gagasan, seperti danau sedang dibebaskan lahannya, reservoar sedang dilelangkan, dan cara yang mungkin mengurangi banjir itu memasang pipa ekspres,” kata pria yang akrab disapa Emil Emil belum lama ini.

Selama ini, kawasan simpang lampu merah Gedebage Kota Bandung menjadi daerah langganan banjir dan setiap hujan dengan intensitas besar selama berjam-jam maka jalanan di sekitarnya tergenang air sehingga menyebabkan macet panjang di Jalan Soekarno-Hatta, Jalan Rumah Sakit dan Terusan Gedebage.

Dia menjelaskan, Tol Air merupakan pipa biasa layaknya pipa air ledeng akan tetapi pipa ini sengaja dipasang di titik banjir untuk mengalirkan air menuju Sungai Cinambo secara langsung tanpa takut terhambat.

Menurut Ridwan, tol air yang waktu pengerjaannya relatif cepat, merupakan salah satu solusi penanganan banjir sambil menunggu pembangunan danau dan reservoir  di Gedebage.

”Danau sedang dibebaskan (lahannya) dan reservoir sedang dilelangkan,” kata dia. Pembangunan pipa ekspres tersebut, dilakukan melalui kerja sama Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Bina Marga dan Pengairan, pengembang setempat, dan pemangku kepentingan seperti Pertamina.

”Pertamina ini misalnya kalau lahannya harus dibongkar. Jadi ini kerja sama semua pihak,” ujar dia. Jika pipa ekspres di Gedebage tersebut berhasil, rencananya Pemerintah Kota akan membangun pipa serupa di titik rawan banjir lainnya seperti Pagarsih, Kecamatan Astanaanyar. (bbs/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan