Jabar Belum Semua Terang

bandungekspres.co.id, BANDUNG – PT PLN Distribusi distribusi Jawa Barat menargetkan semua wilayah di Jawa Barat teraliri listik pada 2018. Dari 12,4 juta pengguna yang tercatat, baru menjangkau 94,2 persen penduduk di Jawa Barat.

Menurut Deputi Manajer Komunikasi PLN Distribusi Jawa Barat Suargina, pihaknya akan bekerjasama dengan pemerintah Jawa Barat untuk menjangkau wilayah-wilayah terpencil di Jawa Barat seperti di Garut selatan, Tasikmalaya dan beberapa daerah pinggiran lainnya.

”PLN itu hanya menyalurkan aliran listrik, sementara mengenai tambahan biaya sebisa mungkin di surport Pemprov Jawa Barat dan kota atau kabupaten setempat,” kata Suargina, kemarin (26/6).

Dia mengatakan, rata-rata di pedesaan, penyebaran penduduk masih terpencar. Sehingga, dengan beberapa di antaranya pemukiman warga sulit terjangkau listrik. ”Dalam hal ini, sangat dibutuhkan sollar cell untuk menjangkaunya,” ujarnya

Dia menjelaskan, sollar cell merupakan pembangkit listrik yang mampu mengonversi sinar matahari menjadi arus listrik. Akan tetapi pembelian sollar cell cukup mahal. Walaupun begitu, pihaknya hanya mengembalikan kepada masyarakat setempat dan pemerintah terkait.

”Kita mengembalikan hal ini kepada masyarakat dan pemerintah daerah yang terkait,” ucapnya.

Mengenai hal lainnya, seperti penghapusan subsidi untuk listrik 450 KWH,  pihaknya tidak banyak berkomentar. Pihaknya hanya menyerahkan kembali ke pemerintah pusat.

Untuk itu, pihaknya tetap mengimbau agar masyarakat bisa beralih ke listrik prabayar. Sebab, manajemen listrik prabayar bisa diatur oleh pengguna. ”Lebih baik menggunakan listrik pra bayar, pengguna bisa menajemennya dengan baik,” pungkasnya. (nit/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan