Wales vs Irlandia Utara, Bukan Sekedar Kejutan

bandungekspres.co.id – Kehadiran Irlandia Utara di babak perdelapan final memang cukup mengejutkan. Mereka lolos dengan sedikit keberuntungan sebagai peringkat ketiga grup C. Armada Michael O’Neill hanya mampu mengantongi sekali kemenangan kala hancurkan Ukraina 2-0. Sedangkan dua laga sisanya berakhir dengan kekalahan 0-1 atas Polandia dan Jerman.

Maka itu, peluang Irlandia Utara untuk dapat melangkah lebih jauh cukup sulit. Apalagi mereka bakal menghadapi tim Britania Raya yang lebih diunggulkan, Wales, di Parc des Princes, Paris. Apalagi dalam lima pertemuan yang sudah terjadi Irlandia Utara belum pernah meraih kemenangan sekalipun dari Wales. Namun di sisi lain, hal ini kemungkinan juga bakal menjadi motivasi besar untuk membalas dendam.

Bek Irlandia Utara, Jonny Evans percaya penggemar yang luar biasa memiliki peran besar dalam memerpanjang petualangan mereka di Euro 2016. Para suporter bakal memenuhi venue tempat mereka kalah dari Jerman dan memelototi laga yang dipimpin wasit asal Inggris, Martin Atkinson.

Evans, yang tampil gagah dalam menghadapi serangan beruntun Jerman berharap dukungan tersebut dapat menjadi semangat pasukan Norn Iron dan mengunci tempat di perempat final.

’’Semangat itu dapat mendorong kami. Dan kami akan memberikan apa yang mereka telah berikan pada kami,” ujar Evans pada Four Four Two. ’’Kami berada dalam posisi ini untuk membuat sejarah. Itu bisa bertahan lama dan kami tidak ingin melepaskan itu,” klaim eks pemain Manchester United tersebut.

’’Kami ingin melangkah sejauh yang kami bisa dan tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini,” tekad Evans.

Irlandia Utara berutang banyak kepada sang penjaga gawang, Michael McGovern, yang membuat serangkaian penyelamatan dan membuat Thomas Muller juga Mario Goetze tidak berkutik.

Sebagai mantan rekan satu tim di U-21, Evans menikmati kemajuan kiper Hamilton Academical ini. ’’Saya pikir dia sangat berkembang. Orang ini luar biasa. Dia adalah seorang shot-stopper hebat,” ucapnya.

Sementara itu, sang pelatih mengalami dilema utama, karena top skorer utama mereka, Kyle Lafferty sudah dapat dimainkan.

Megabintang Wales, Gareth Bale akan membawa ancaman bagi Irlandia Utara. Bale bertekad untuk menambah golnya di turnamen tersebut yang bakal membuat McGovern sangat sibuk.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan