Ronaldo, Raja Gol Internasional

bandungekspres.co.id – Sederet rekor baru saja dicatat Cristiano Ronaldo di Euro2016 berkat brace ke gawang Hongaria, Rabu (22/6). Namun, prestasi paling elok adalah statusnya sebagai raja gol di pentas internasional.

Seperti diketahui, Ronaldo baru saja mencatat rekor sebagai pemain pertama yang selalu mencetak gol dalam empat pagelaran Piala Eropa. Dia pun berjarak satu gol dari catatan top skorer sepanjang masa di turnamen akbar empat tahunan itu.

Saat ini Ronaldo sudah membukukan 8 gol pada putaran final Piala Eropa, hanya berselisih satu dari rekor yang dipegang legenda Prancis, Michel Platini.

Peluang Ronaldo untuk menyamai atau bahkan menyalip Platini terbuka sangat lebar. Apalagi, Portugal sukses melangkah ke babak 16-besar dan akan menantang Kroasia.

Satu hal yang pasti, jika termasuk laga kualifikasi Piala Eropa, gelontoran gol Ronaldo bahkan sudah menjadi yang tertinggi dalam sejarah. Selain 8 gol pada putaran final, pemain berjuluk CR7 itu juga mencatat 20 gol selama kualifikasi.

Dengan kata lain, dia total sudah mengoleksi 28 gol di Piala Eropa. Jumlah itu menjadi yang terbanyak, melebihi catatan Zlatan Ibrahimovic yang total mengumpukan 25 gol (19 di kualifikasi dan 6 di putaran final) dan penyerang gaek Republik Irlandia Robbie Keane yang belum mencatat 23 gol dan semuanya di babak kualifikasi.

Selain itu, dia pun baru menggoreskan sederet prestasi apik lain dari laga melawan Hungaria. Sebut saja rekor sebagai pemain yang paling banyak mencetak gol melalui sundulan sepanjang sejarah Euro dengan 4 gol.

Lalu, menjadi pemain pertama sepanjang sejarah yang mampu mencetak gol pada tujuh edisi turnamen mayor (4 Piala Eropa dan 3 Piala Dunia).

Satu pencapaian lainnya, Ronaldo juga sukses menyamai rekor Lilian Thuram dan Edwin Van Der Sar sebagai pemain dengan jumlah penampilan terbanyak di Piala Eropa, yakni 17 caps.

Namun, satu hal yang paling elok adalah keberhasilan pemain berumur 31 tahun itu mempertajam rekornya sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa di pentas internasional, baik bersama klub atau negara.

Jika untuk Piala Eropa sudah 28 gol digelontorkan Ronaldo sejak babak kualifikasi hingga putaran final, di seluruh kompetisi Eropa dan dunia baik level klub hingga negara, dia membukukan totla 157 gol!

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan