Sinergitas Jadi Modal Membangun Kota

bandungekspres.co.id, CIMAHI – Meningkatnya pelayanan kepada masyarakat menjadi ukuran keberhasilan sebuah pemerintahan. Karena peran dan fungsi pemerintahan adalah memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakatnya. Hal itu disampaikan Ketua DPRD Kota Cimahi Achmad Gunawan, menyikapi Hari jadi ke-15 Kota Cimahi yang jatuh pada hari ini, Selasa 21 Juni 2016.

Disebutkan Achmad dalam kurun waktu lima belas tahun usia Kota Cimahi pada tahun ini, sejumlah kemajuan pembangunan sudah diperlihatkan oleh Pemerintahan di Kota Cimahi dengan dukungan dari masyarakatnya. ”Saya lihat selama 15 tahun Cimahi jadi kota, sudah banyak kemajuan yang kita capai dibidang pembengunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan, perbaikan ekonomi, bahkan di bidang infrastruktur tinggal bagaimana perawatan pembangunan fisiknya dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat,” terang Achmad kemarin (20/6).

Dalam mengelola sebuah pemerintahan daerah seperti Kota Cimahi, sinergitas antara legislatif dan eksekutif harus dipelihara dengan baik, karena sebuah pemerintahan daerah  terdiri dari legislative dan eksekutifnya. ”Sesuai dengan Undang-undang Pemerintahan daerah yang baru kan Pemerintah Daerah itu terdiri dari DPRD sebagai legislatif dan Pemerintah Kota sebagai eksekutif, jadi hubungan yang baik agar kota ini menjadi kondusif dibutuhkan agar pelaksanaan pembangunan di Kota Cimahi berjalan dengan kondusif,” katanya.

Budi Raharja
Budi Raharja
Sekretaris DPRD Kota Cimahi

Jika disebutkan, kata Agun sapaan akrabnya, sudah banyak keberhasilan yang diraih Kota Cimahi selama 15 tahun ini. Salah satunya pada tahun ini Kota Cimahi kembali mempertahankan opini Wajar tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia. ”Meraih opini WTP ini membutuhkabn kerja keras dari seluruh SKPD yang ada di Kota Cimahi, apalagi untuk memeprtahankannya selama tiga tahun berturut-turut. Kami menilai  sistem administrasi dan laporan keuangan SKPD di Kota Cimahi sudah dianggap baik oleh pemerintah pusat, dalam hal ini BPK RI,” ungkapnya,

Namun demikian, kata Agun, karena Pemeirntahan Daerah terdiri dari eksekutif dan legislatif, keduanya harus sinergi untuk melakukan kegiatan pembangunan yang bisa dinikmati oleh masyarakat. ”Wali Kota dan jajarannya berperan sebagai pelayan masyarakat Kota Cimahi dengan ukuran angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang terus meningkat. Kami sebagai mitra dati Pemerintah Kota mendukungnya dalam bentuk pembuatan regulasi, penyiapan anggaran dan pengawasan kegiatan, jadi jika ada yang mengkritik Pemerintah Kota, sama aja dengan mengkritik DPRD,” paparnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan