Pinggiran Sungai Citarum Mulai Bersih

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Pasukan TNI kembali menangani Program Citarum Bestari. Kemarin (17/6), Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Wuryanto didampingi para staf Kodam III/Siliwangi tinjau lokasi karya bhakti di Sungai Citarum, Sungai Cibeureum Desa Nanjung Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung.

Kapendam III/Siliwangi Letkol Arh M. Desi Ariyanto mengatakan, mendukung dan membantu program Pemerintah daerah dalam menangani sungai Citarum. ”Itu sebagai bentuk implementasi dari UU TNI Nomor 34 Tahun 2004 tentang Operasi Militer Selain Perang (OMSP),” kata Desi, kemarin.

Demi terwujudnya Citarum bersih, tertib dan rapih, kata dia, Kasdam III/Siliwangi meninjau lokasi karya bakti di Kelurahan Cijerah Kecamatan Bandung Kulon. Kesimpulan awal, pinggiran sungai Citarum relatif sudah bersih. ”Ini hasil dari kerja keras para prajurit TNI Kodam III/Siliwangi bersama masyarakat. Mereka pantang menyerah terus bekerja dan bekerja membersihkan aliran sungai Citarum,” ungkapnya.

Di samping melihat langsung kondisi terakhir, Kasdam ajak masyarakat pinggiran sungai agar tidak membuang sampah ke sungai. Harapannya, masyarakat mengumpulkan sampah di satu tempat atau buang ke tempat pengumpulan sampah yang telah disediakan.
Desi menegaskan, pihak Kodam III/Siliwangi terus memberi dukungan upaya pemerintah daerah dalam menyukseskan program Citarum Bestari untuk memelihara dan menjaga keasrian sungai Citarum.

Sementara itu, Danramil Katapang Kapten Inf Yanto. R mengungkapkan, sasaran saat ini adalah membersihkan anak sungai Citarum. Di antaranya, sungai Ciranjeng di Kampung Pesantren, Desa Sukamukti, Kecapatan Katapang, Kabupaten Bandung.

”Di wilayah ini tidak ada sama sekali bak sampah. Untuk pembuatan bak sampah saya secara pribadi bisa membantu untuk pembuatannya,” tuturnya.

Menurut Yanto, setelah adanya Citarum Bestari tidak ada warga masyarakat yang membuang sampah lagi ke sungai. Mereka pun langsung mengawasi warga. ”Dalam seminggu, tiga kali kegiatan ke lapangan. Senin kita melakukan patroli, Rabu melaksanakan sosialisasi dan Jumat kita melaksanakan pembersihan,” ucapnya sambil menambahkan, Citarum Bestari ini akan berlangsung hingga Desember mendatang. (yul/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan