Tahapan Pilkada Harus Diawasi

bandungekspres.co.id, CIMAHI – Partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan Pilkada 2017 dibutuhkan guna mencapai Pilkada yang demokratis jujur dan adil.  Hal ini seperti dikatakan Ketua Bawaslu Jabar Harminus Koto.

Menurutnya, sebaiknya pengawasan oleh masyarakat dilakukan tidak hanya ketika pelaksanaan pilkada saja, namun dia berharap pengawasan yang dilakukan masyarakat sejak dari rekrutmen, tahapan hingga hasil pelaksanaan Pilkada. ”Sekarang di Kota Cimahi sedang melakukan rekrutmen untuk Panwascam, saya berharap masyarakat ikut melakukan pengawasan dalam perekrutan ini,” katanya, Rabu (15/6) kemarin,

Harminus mengatakan,  kegiatan ini dilakukan untuk menyosialisasikan kelembagaan Panwas termasuk tugas dan tanggung jawabnya. Selain itu, acara inipun dilakukan untuk menarik partisipasi masyarakat dalam melakukan pengawasan. ”Pengawasan ini merupakan tanggung jawab masyarakat, terutama bagi yang sudah mempunyai hak pilih,” ujarnya.

Di tempat yang sama Kapolres Cimahi AKBP Ade Ary Syam Indradi mengatakan, untuk pengamanan pemilu dia berharap ada kesadaran dari masyarakat untuk menjaga ketertiban dan kenyamanan selama pelaksanaan Pemilu.  ”Saya harap masyarakat jangan mudah terpengaruh dengan isu-isu yang tidak jelas dan selalu memberikan informasi yang akurat. Namun apabila ada masalah, selesaikanlah melalui jalur hukum,” jelasnya.

Sementara Asisten Pemerintahan, Maria Fitriana mengatakan, sesuai dengan Permendagri No. 9 tahun 2005 tentang Pedoman bagi Pemda dalam melaksanakan Pilkada, Pemkot Cimahi sudah melaksanakan  sosialisasi pelaksanaan Pilkada. ”Kami sudah sudah menginformasikan kepada masyarakat mengenai penggunaan hak pilihnya. Kami sudah melakukan sosialisasi ke semua elemen masyarakat, hingga ke sekolah-sekolah,” ujarnya.

Dalam hal fasilitas, hal yang tertuang dalam poin Permendagri tersebut diantaranya membantu KPUD dalam mengatasi hal teknis penyelenggaraan, memelihara dan menjaga kondusifitas masyarakat, melakukan identifikasi sosial politik.”Dalam hal fasilitas pelaksanaan, kami (pihak pemerintah) membantu menyiapkan anggaran dalam waktu dekat bisa dimanfaatkan oleh KPU dan Panwaslu. Dengan bantuan ini, mudah-mudahan pelaksanaan Pilkada berjalan lancar,” ujarnya. (bun/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan