Urai Simpul Kemacetan, Sistem Integrasi Tol Dievaluasi Pekan Depan

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Polda Jawa Barat mulai melakukan uji coba integrasi sistem tol. Hasil uji coba tersebut akan dievaluasi pekan depan.
Dengan integrasi sistem, tol yang menghubungkan Jakarta hingga Jawa Tengah kini hanya punya dua gerbang pembayaran. Pertama, gerbang Cikarang Utama yang menjadi pintu masuk ruas Jakarta-Cikampek. Kedua, gerbang tol Palimanan yang akan menjadi penghubung antara tol cluster pertama dan cluster kedua.

Menurut Kapolda Jawa Barat, Kombes Bambang Waskito,. Beberapa anggotanya sudah bersiap dan berjaga di gerbang tol. ”Kita sedang melakukan uji coba seminggu ke depan, diharapkan uji coba ini akan berhasil dan bisa diterapkan untuk mudik nanti,” kata Bambang di Mapolda Jawa Barat, kemarin (13/6).

Terkait pembayaran tol, diakui olehnya, selama ini pembayaran di tol terkesan berulang-ulang. Itu dianggap tidak efektif malah menimbulkan kemacetan karena tumpukan kendaraan di gerbang pembayaran. Dia memerinci, untuk menuju Jawa Tengah dengan masuk melalui Jakarta, hanya bayar di tol dalam kota.

Nanti di Tol Cikarang hanya mengambil tiket, di Palimanan baru ditukar pembayaran di tol tersebut. Setelah dari Palimanan ambil tiket lagi untuk langsung dibayarkan di Brebes. ”Pembayaran nantinya aka memakan waktu sekitar 8 detik. Di musim mudik nanti bisa lagi ditekan agar laju kendaraan bisa lebih cepat,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Ditlantas Polda Jawa Barat Kombes Sugihardi, mengatakan pembayaran akan dilakukan sekitar Rp 109.500 di jalan tol. ”Jadi kalau lebih singkat pembayaran juga lebih murah,” ucapnya.

Menurutnya, pada tahun ini akan kembali menekan angka kecelakaan seperti tahun lalu. Pada tahun lalu, pihaknya telah berhasil menekan 40 persen kecelakaan. Tahun ini caranya para pengguna motor terutama yang mengangkut beban berlebihan akan diturunkan.

Makimalnya dua orang penumpang yang akan dibawa. Untuk yang berlebihan akan diturunkan dan terpaksa mudik menggunakan bus. Untuk dari Jakarta akan dilakukan di Polda Metro Jaya, khususnya Bandung akan dilakukan di Mapolda Jabar.

Sebelumnya, rencana pemerintah untuk mengurai potensi simpul kemacetan di jalan tol mulai terwujud. Kemarin, pemerintah memulai uji coba integrasi sistem pembayaran tol untuk ruas tol Jakarta-Cikampek dengan tol Cikopo-Palimanan dan tol Paliman-Kanci dengan tol Kanci-Pejagan.

Tinggalkan Balasan