Pemkot Tingkatkan Daya Saing UMKM

bandungekspres.co.id, CIMAHI – Untuk meningkatkan daya saing, Pemkot Cimahi mengadakan Pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) kepada para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM). Dengan terus berkembangnya Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), membuat para pelaku UKM harus bisa lebih kreatif dalam melakukan pemasaran. Jika hal ini tidak dilakukan, tidak menutup kemungkinan UKM tersebut akan tergerus.

Kepala Seksi Pengelolaan Data Elektronik (PDE), Kantor Arsip, Perpustakaan dan Pengelolaan Data Elektronik (KAPPDE) Cimahi, Irwan Nugraha menuturkan, internet marketing atau E-commerce atau marketing online, sudah menjadi fenomena pemasaran di era kompetisi global. Dimana penggunaan TIK sudah menjadi suatu gerakan masal yang dilakukan produsen, marketing dan konsumen.

”Sekarang dengan berkembangnya teknologi, dimasyarakat sudah mulai terjadi menggeser pola lama atau konvensional. Sebab untuk menjual atau membeli produk, produsen konsumen tidak perlu tatap muka cukup gunakan teknologi internet,” katanya.

Dengan kondisi ini, lanjut Irwan, jika para pelaku UKM di Cimahi harus bisa mengeksplorasi dan berkreatif menggunakan TIK dalam pemasaran. Sebab jika tidak dilakukan, mereka tidak akan mampu bersaing.

Untuk mendorong agar pelaku UKM di Cimahi bisa memanfaatkan TIK tersebut, pihaknya sudah melakukan pelatihan dan pembekalan IT kreatif beberapa waktu lalu. Peserta yang terdiri dari berbagai pelaku UKM dan berjumlah 75 orang pelaku UKM ini, diberi berbagai materi seperti pengenalan internet marketing, pengenalan sosial dan media merketing.

”Mereka juga diberikan materi seperti Digital publik relation, pengenalan website marketing, pelatihan pembuatan website/blog E commerce, Pengenalan hosting website, serta Pelatihan SEO dan sosial media marketing,” tambahnya. (dhn/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan