Genjot Pengerjaan Venue Gantole, Optimistis 3 Bulan Rampung

bandungekspres.co.id, NGAMPRAH – Menjelang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV Jawa Barat 2016 pada September mendatang, sejumlah pekerjaan venue yang akan digunakan para atlet terus dikebut oleh Pemkab Bandung Barat. Salah satunya venue gantole yang sebelumnya terkendala permasalahan lahan untuk landing, kini sudah teratasi. Lokasi venue gantole yang berada di Kampung Cihurang, Desa Singajaya, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat yang awalnya untuk landing hanya disediakan lahan seluas 4700 m2 menjadi 5000 m2 dengan penambahan berupa lahan sewa kepada warga.

Kepala Bidang Olahraga Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bandung Barat Tatan Rustandi mengungkapkan, sejumlah persiapan venue terus digenjot, termasuk venue gantole. Dengan sisa waktu yang hanya 3 bulan lagi, dirinya optimistis seluruh pekerjaan akan selesai. ’’Untuk lokasi landing harus kita tambah lagi karena yang sekarang kita miliki belum sesuai dengan ketentuan. Sehingga kami akan menyewa tanah milik warga,” ujarnya, kemarin.

Menurut technical delegate, tutur dia, penambahan luasan lokasi landing pada cabang olahraga gantole ini diperuntukkan bukan hanya untuk landing semata, tetapi berikut akses jalan masuk menuju lokasi agar mudah diakses oleh kendaraan roda empat, khususnya ambulans. ’’Lokasi itu juga kan nantinya akan banyak juga yang nonton, jadi perlu tempat parkir juga, makanya ditambah luasannya,” kata dia.

Untuk sewa lahan, pihaknya telah sepakat dengan warga setempat dengan nilai sewa sebesar Rp 60 juta. ’’Harga itu mengacu juga masa panen warga maka nilainya didapat Rp 60 juta,” sebutnya.

Selain lahan landing, pihaknya pun saat ini telah memulai untuk perbaikan akses jalan menuju lokasi take off gantole atau dari mulai bawah menuju lokasi gantole sekitar 5 kilometer. ’’Saat ini material-material sudah ada, pemenang tender sudah ada dengan nilai sebesar Rp 4 miliar, tinggal dikerjakan,” paparnya.

Seperti diketahui, jalan menuju venue gantole yang berlokasi di Kampung Lintang Panggung RT 01/09, Desa Singajaya, Kecamatan Cihampelas rusak parah. Jalan yang diperkirakan mencapai 5 kilometer dari jalan raya Cihampelas menuju venue gantole kondisinya berbatu, berlubang dan rusak. Selain itu, ruas jalan yang hanya masuk untuk satu mobil menjadi kendala akses menuju venue gantole dalam rangkaian acara PON XIX/Jawa Barat 2016.

Tinggalkan Balasan