Siap Wujudkan Jabar Kahiji, Kota Bekasi Kirim 63 Atlet

bandungekspres.co.id –KESIAPAN tuan rumah Jawa Barat (Jabar) menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX September mendatang mendekati sempurna. Kondisi tersebut dipastikan tim pengendalian Strategi dan kemenangan Jabar Kahiji usai mengunjungi tim Pelatda angkat besi Kota Bekasi.

Tim yang dipimpin Kolonel Yusuf ini mengaku kesiapan para atlet dari 58 Cabang Olahraga (Cabor) yang menjalani Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) PON 85 persen sudah siap tempur. ”85 persen atlet Jabar siap tanding dan mewujudkan Jabar Kahiji, termasuk juga cabor angkat besi. Tinggal pengawasan, pengendalian dan pemeliharaan,” ujar Kolonel Yusuf usai melakukan kunjungan pertamanya ke Pelatda PON angkat besi.

Bersama tim dirinya coba memantau dari segi makan, asupan gizi, kesehatan, perlengkapan, dan kondisi serta disiplin atlet. Pemantauan tersebut juga akan dilakukan hingga H-15 yang dijadwalkan pada waktu tersebut atlet sudah fokus ke pertandingan dan mulai melewati karantina. Kekurangan kesiapan PON diakuinya tinggal 15 persen, dan kondisi itu akan diperhatikan betul-betul hingga 100 persen siap tanding.

PON XIX yang dijadwalkan akan dihelat 19 September nanti akan berlangsung di beberapa daerah Kota dan Kabupaten. Sementara lokasi sentralisasi tim Pelatda PON Jabar dihelat di sejumlah wilayah juga, diantaranya Bekasi, Bandung, Sukabumi, Pangandaran, Bogor, Kabupaten Bandung, Tasik, dan beberapa daerah lainnya. ”Kalau tidak salah tujuh lokasi Pelatda,” tuturnya.

Lebih jauh kata dia, untuk memantapkan atlet kategori beregu maupun perorangan memang ada cara masing-masing. ”Kalau dari beregu ada character building, meningkatkan kebersamaan dan kekompakan. Untuk Perorangan kita berkonsentrasi bagaimana kepercayaan diri mereka bisa optimal,” tambah dia lagi.

Menurutnya, tolak ukur kesiapan 85 persen atlet menuju Jabar Kahiji juga karena adanya Intelligent sport. Melihat perkembangan di daerah maupun di pusat. ”Dari sana masuk ke dalam (tim), kita analiasa, kita padukan. Karena bapak Gubernur dan Wagub juga berpesan bukan hanya menargetkan Juara Umum tapi kita juga harus bisa memecahkan rekor di sejumlah cabor,” terangnya.

Terpisah, Ketua Umum KONI Kota Bekasi, Abdul Rosyad Irwan bersama Disporbudpar mengaku akan memfasilitasi atlet PON asal Kota Bekasi bertemu langsung dengan walikota dalam agenda Car Free Day belum lama ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan