Akumulasi Kartu, Hermawan Siap Gantikan Peran Vlado

bandungekspres.co.id – BEK asing Persib Vladimir Vujovic dipastikan absen melawan Bhayangkara Surabaya United (BSU), Sabtu (11/6) nanti, dalam lanjutan Torabika Soccer Championship (TSC) A 2016, di Stadion Gelora Delta Sidoarjo. Pemain asal Balkan itu harus menjalani hukuman akumulasi kartu kuning. Sudah tiga kartu kuning melayang kepada dirinya, yaitu saat pertandingan melawan Sriwijaya FC (30/4), Persiba Balikpapan (21/5) dan Madura United (28/5).

Dalam regulasi Indonesia Soccer Championship tertera dalam Pasal 56 mengenai aturan kartu kuning dan kartu merah, poin 1 menyatakan pemain yang memperoleh akumulasi 3 kartu kuning dalam 3 pertandingan yang berbeda, tidak diperkenankan untuk bermain 1 kali pertandingan pada pertandingan berikutnya. Aturan ini juga berlaku untuk kelipatan berikutnya (kelima, ketujuh dan seterusnya).

Regulasi itu mengartikan jika sang pemain untuk pertama kali mengalami hukuman akumulasi kartu kuning adalah 3 akumulasi. Sementara untuk berikutnya adalah kelipatan 2 kartu kuning.

Absennya Vlado-sapaan akrab Vladimir Vujovic-tentu akan memberi kesempatan pemain berposisi center back lain mengisi ruangnya. Stok pemain belakang Persib diantaranya Hermawan, Rudolof Yanto Basna dan Jujun Saepuloh. Dari ketiganya akan dipilih satu oleh pelatih Dejan Antonic untuk bertandem dengan Purwaka Yudhi.

Hermawan mengaku sudah siap jika ditunjuk berduet bersama Purwaka, apalagi Hermawan-Purwaka pernah berduet membangun kerja sama saat memperkuat Arema Cronus musim lalu. Kendati begitu, segala keputusan ada di tangan pelatih, apakah ia berkesempatan atau tidak.

”Sebagai pemain saya selalu siap kalau dipercaya untuk turun menghadapi sebuah pertandingan. Tapi tetap saya kembalikan lagi kepada pelatih. Karena saya adalah ‘wayang’ dan pelatih adalah ’dalang’ nya,” kata Hermawan pada Senin (30/5) kemarin.

Pemain 33 tahun itu, tak mempersoalkan siapapun yang bakal di pasang melawan Bhayangkara Surabaya United. Dirinya tetap percaya kepada pelatih, karena keputusan pelatih adalah untuk kemajuan tim pula.

”Yang jelas apapun keputusan pelatih siapa yang akan diturunkan saya tidak masalah. Karena yang terpenting tim menang,” tegasnya.‎ (smm/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan