Buat Rekor Dunia, Kebaya Terpanjang Rancangan Nina Gantini Resmi Dipamerkan

bandungekspres.co.id , SUMUR BANDUNG – Kebaya hasil rancangan Nina Gantini atau Tinong Kebaya yang dikenakan Tahira Azahra Kasela tercatat sebagai pemembuat rekor baru yakni Kebaya Terpanjang di Indonesia dan dunia. Kebaya yang dipamerkan mencapai sepanjang 60,4 meter dengan berat 10 kilogram.

”Kita telah menyaksikan fashion show dengan kebaya terpanjang dunia dan Indonesia,” kata Vice President RHR Indonesia Halim Sugiarto di Hotel Arion Swiss Bel-hotel, Jalan Otto Iskandar Dinata, kemarin (15/5).

Pemberian piagam rekor bertepatan ketika Tahira berusia ke-7. Sebelumnya, RHR melakukan tinjuan terlebih dahulu terhadap jenis rekor yang diajukan. Setelah itu, RHR Indonesia mengusulkannya ke RHR Inggris. ”Dari situ diketahui apakah pencatatan rekor dilanjutkan atau tidak,” ucapnya.

Dia mengatakan, pencatatan rekor kebaya terpanjang merupakan rekor baru yang belum ada di dunia. Selama ini, yang sudah ada, yaitu gaun yang panjangnya seberat 2,9 kilometer.

Tahira mengaku senang bisa mencatat rekor tersebutnya. Sebelum pemberian piagam, dia sempat melakukan fashion show kebayanya yang berwarna hitam putih di hadapan penonton.

Sementara, Tahira meski senang, dirinya mengatakan berat ketika mengenakan kebaya dengan panjang tersebut. ”Kebayanya berat banget, tapi aku senang pakainya,” kayanya.

Tak banyak yang dia katakana, dalam kesempatan tersebut, dia hanya mengumbar senyum manis saat diwawancara. Ketika ditanya apakah ada lagi yang ingin dicapai, pihaknya malu-malu untuk menjawab.

Perancang kebaya, Tina Gantini mengatakan, untuk merancang kebaya tersebut dirinya membutuhkan waktu sekitar dua minggu. ”Hanya saya yang membuatnya, kenapa warna putih dan hitam, untuk bisa universal,” katanya.

Dia menyebutkan, sangat senang merancang kebaya seperti ini. Terlebih kebaya merupakan warisan atau pakaian khas Indonesia sehingga patut dilestarikan.

Dia berkeyakinan, akan membuat kebaya kembali sebagai karya andalannya. Dia juga berharap dengan penghargaan itu, bisa memacu semangatnya lebih lagi untuk berkarya.

Dalam kesempatan tersebut pihak RHR memberikan tiga penghargaan. Pertama kepada Tahira sebagai orang yang mengenakan kebaya terpanjang, kedua kepada perancang busana Tahira, yakni Tinong, dan kepada ayahanda Tahira, David Imansyah. (nit/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan