GVJ Jelajah Pelestari Akik dan Permata Nusantara

bandungekspres.co.id, CIMAHI – Tak hanya memerjuangkan dan lestarikan batu akik saja, namun GVJ juga rajin bersilaturahmi dengan komunitas pecinta batu akik lain di dalam dan luar Kota Bandung, seperti beberapa waktu lalu para pengurus dan anggota GVJ yang mengunjungi KOMBAT (Komunitas Batu Tasik), juga BoGems (Bogor Gemstone). ’’Kami selalu melakukan silaturahmi dengan komunitas batu akik lain yang mewakili para pecinta batu akik dan permata di Kota Kota lain. Hal ini kami lakukan untuk meyakinkan kepada mereka para pecinta batu akik bahwasannya batu merupakan salah satu aset yang perlu dilestarikan, batu juga harus jadi salah satu budaya, karena sebenarnya batu yang kualitasnya bagus sebagian besar ada di negeri kita dan dapat menjadi salah satu sumber daya alam yang bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujar Saripan, salah seorang pendiri GVJ.

gvj-logoSelain dengan para komunitas batu lain, dalam meningkatkan kekompakan dan solidaritas sesama pecinta batu GVJ pun selalu mengadakan kopi darat antara pengurus dan para anggotanya untuk membahas program serta visi dan misi GVJ. ’’Kami rasakan dengan kopdar solidaritas dan kekompakan para pengurus dan anggotanya semakin tinggi bahkan kami sesama anggota sudah seperti saudara,” katanya.

Meski kenyataannya, sekarang ini batu akik tak sejaya dua tahun yang lalu, namun GVJ dengan program-programnya yang telah disepakati dengan komumitas batu akik lainnya,  salah satunya dengan Kombat dan Bogems bertekad untuk bertahan menjadi pelestari batu akik dan permata nusantara.

Sedangkan Dedi, Ketua Kombat, mendukung apa yang dilakukan GVJ untuk tetap bertahan dalam melestarikan dan membudayakan batu akik dan permata. ’’Kami sangat mendukung dengan apa yang dilakukan GVJ dalam  melestarikan dan membudayakan batu akik dan permata nusantara ini, karena kalau bukan kita siapa lagi yang akan memertahankan kelestarian perbatuan di negeri ini,” ungkapnya.

Penuturan senada pun dilontarkan Bara, Ketua Bogor Gemstone, yang membuka pintu yang lebar dan mendukung Program GVJ. ’’Karena beberapa program mereka bekerja sama dengan program kami,“ jelasnya.

Tinggalkan Balasan