oleh

Waspada Bujukan Haji Nonkuota

bandungekspres.co.id, JAKARTA – Lengkap sudah pengumuman nama-nama calon jamaah haji (CJH) kuota pemberangkatan musim 2016. Kementerian Agama (Kemenag) telah melansir daftar nama CJH berhak melunasi BPIH untuk kelompok haji reguler dan khusus. Masyarakat yang tidak masuk kuota diminta tidak coba-coba mengambil risiko berhaji nonkuota.

grafis-haji_Jawa-Pos -Imbauan itu disampaikan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Abdul Jamil. Dia mengatakan, risiko terbesar masuk gelombang haji nonkuota adalah menjadi korban penipuan. ’’Dulu namanya haji tanah abang. Karena menjelang keberangkatan nyangkut di Jakarta karena menjadi korban penipuan,’’ terangnya kemarin.

Baca Juga:  Sempat Diamankan Setelah Lama Terparkir, Polisi Pameungpeuk Serahkan Motor ke Pemilik

Jamil mengatakan, banyak sekali modus operandi menawarkan haji nonkuota. Di antaranya adalah iming-iming bisa memberangkatkan haji melalui negara lain. Seperti dari Yaman atau negara-negara dengan penduduk muslim kecil seperti Filipina.

Menurut Jamil, masyarakat harus menyadari bahwa berhaji adalah ibadah yang penting. Apalagi menjadi salah satu rukun Islam. Dengan demikian dia berharap masyarakat fair dengan mengikuti regulasi pemerintah. ’’Tidak perlu melakukan siasat-siasat untuk bisa berhaji,’’ jelasnya.

Baca Juga:  Ma'ruf Amin: Mudik Bagus Tapi Gak Wajib

Mantan rektor IAIN Walisongo Semarang itu menuturkan, antrean haji saat ini memang panjang. Apalagi untuk kelompok haji reguler. Dia mengatakan, masyarakat mau tidak mau harus mengikuti regulasi antrean jamaah haji yang sudah ditetapkan pemerintah.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga