Kisah Kepulangan Korban Tragedi Mina Hajah Culan

Selama di Saudi, Culan dirawat suster asal Malaysia. Karena itu, keluarga di Indonesia tidak memiliki kesulitan dalam memahami penjelasan suster tentang kondisi Culan. ”Mereka selalu mengabarkan, baik lewat telepon maupun video call,” tambah Andy.

Dia mengakui, kondisi ibunya dilaporkan semakin baik jika diperlihatkan video tentang keluarganya di Indonesia. Misalnya sewaktu perwakilan KJRI datang dan memperlihatkan video-video anak-anaknya yang dikirim lewat pejabat KJRI.

Kelegaan keluarga Culan semakin bertambah karena mereka tak perlu mengkhawatirkan masalah biaya. ”Selama di Saudi, pihak kerajaan yang menanggung dan di Indonesia kami dijamin BPJS dari pemerintah,” ucap Andy.

Saat ini masih ada satu lagi WNI korban tragedi Mina yang belum pulang. Yakni Siti Nasokah Nasikin Musair, 55, yang juga menderita heatstroke dan sedang dirawat di Rumah Sakit Jeddah Bagian Barat. Sayang, kondisinya masih belum memungkinkan untuk dipulangkan.

”Saya minta peserta haji 2016 berhati-hati. Sebab, ibadah haji tahun ini juga sama seperti tahun lalu. Suhu di Mina bisa mencapai 50 sampai 51 derajat Celsius. Apalagi, banyak peserta haji yang sudah masuk umur renta. Harus disiapkan dan dicek benar kesehatannya,” tutur Nila. (*/c9/ttg/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan