Bebaskan dari Abu Sayyaf, Pemerintah Klaim Hasil Diplomasi

Dengan dibekukannya rekening itu, uang tidak bisa digunakan untuk kepentingan apapun. Dia menjelaskan, itu memerlukan kecepatan, karena mungkin saja uang dalam rekening tersebut langsung dipindahkan atau diambil.

Tidak hanya itu, Indonesia sebaiknya mulai mengajak semua negara se-Asia untuk bersama-sama menjaga wilayah perairan Filipina Selatan. Bisa jadi, dibentuk pasukan gabungan untuk menjaga perairan itu, sama seperti pasukan internasional Gugus Tugas 151 yang menjaga Teluk Eden, Somalia.

”Militer sejumlah negara seperti, Amerika Serikat, Singapura, Inggris, dan negara lainnya bergabung kapal-kapal yang melintasi Teluk Eden. Setiap kapal yang melintasi perairan itu harus dikawal kapal-kapal militer,” terangnya.

Hal itu diperlukan karena tidak mungkin melakukan larangan melintas perairan Filipina Selatan selamanya. Dia menerangkan, pengusaha akan merugi bila larangan itu berlangsung dalam waktu lama.

Sebab, kemungkinan, jalur tersebut merupakan jalur yang terdekat untuk ke Filipina melalui laut. ”Semua itu bisa dilakukan pemerintah. Sehingga, kerja sama negara-negara Asia tidak hanya sekadar lips service,” tegasnya. (frz/rsh/byu/idr/jpnn/rom/k8/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan