Sukamiskin Menggoda, Fasilitas Kebonwaru Biasa

Dia mencontohkan, IKA yang jago memanipulasi data bisa dipadukan dengan kemampuan napi lain yang pintar menipu. Sasarannya, perempuan kesepian yang sering menunjukkan foto-foto pribadi. Semakin sering update, semakin besar juga peluang untuk ditipu oleh para napi. ”Foto dan identitas ya diganti jadi yang lain dengan foto yang tampan dan mapan. Namanya perempuan kesepian ya mas, mau saja ditipu. Malah ketika ada temen jujur dia dipenjara pun, tetap saja kirim uang,” urainya lagi. ”Yang tidak saya pelajari cuma ilmu hipnotis,” ucapnya.

Lebih beruntung dirasakan AA, 37, yang pernah sekamar dengan almarhum Undang Kosim alias Kang Cela di Lapas Banceuy. Dia mengatakan, dipercaya jadi Korpe sipir untuk menangani masalah instalasi listrik dan air. Dan dia memastikan jika dia tidak pernah disuruh di luar dari kepiawaiannya.

Kendati demikian, menjadi Korpe itu bagi dia ibarat buah si malakama. Sebab, setiap hari sudah seperti teman. Namun, jadi berbahaya ketika ada kasus napi kabur atau ada kasus narkoba masuk lapas. ”Ya dipukul lah,” singkat AA.

Menurut dia, terlalu dekat dengan sipir juga akhirnya disangka mata-mata untuk napi lain. Pandangan tersebut menurut dia menjadi sangat lumrah terjadi karena banyak napi lain yang ingin menjadi Korpe. ”Kalau RT ya sebatas memfasilitasi napi sekamar, kalau Korpe ya bisa keluar masuk kamar, meski tetap sepengetahuan sipir,” ujarnya.

Disinggung soal overkapasitasnya Lapas dan Rutan, IKA mengaku, lembaga pemasyarakatan tidak berbuat banyak selain menampung. Kalau saja lapas bisa menolak, bagi IKA tidak ada cerita soal kepenuhan.

Namun, cerita berdesakannya di tahanan itu sendiri semakin menjadi-jadi ketika pemerintah memberlakukan PP nomor 99 tahun 2012. PP itu mengatur pengetatan remisi terhadap narapidana kasus narkoba, terorisme dan korupsi. ”Yang kemudian terjadi, kemungkinan siapapun untuk masuk penjara itu semakin tinggi. Sementara untuk kemungkinan keluar, sangat minim. Karena pengaturan remisi tidak seperti dulu,” pungkasnya. (rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan