Atletico Keras, Wasit Harus Tegas

bandungekspres.co.id – PERTARUNGAN 90 menit di Vicente Calderon belum dimulai. Juan Bernat sebagai bek kiri di Bayern Muenchen sudah dibuat ketar-ketir dengan permainan keras Los Rojiblancos – julukan Atletico. Bernat menganggap Atletico masih diselamatkan wasit yang cenderung lebih lunak dalam menanggapi setiap pelanggaran Gabi dkk.

”Kami sudah paham betul bagaimana permainan keras yang ditunjukkan Atletico. Mereka klub yang biasa bermain agresif. Tapi sayangnya banyak pelanggaran-pelanggaran mereka yang dilewatkan wasit,” kecam bek yang berkebangsaan Spanyol tersebut dalam wawancaranya kepada situs resmi klub Bayern.

Catatan kedisiplinan Liga Champions musim ini sudah menjawab keraguan Bernat. Sebagai tim semifinalis dengan rekor jumlah pelanggaran terbanyak kedua di bawah Manchester City, jumlah kartu yang diberikan wasit tidak begitu banyak. Atletico melakukan 120 kali pelanggaran dari 10 kali laga di Liga Champions.

Atau jika dirata-rata per satu game-nya skuad asuhan Diego Simeone itu melakukan sebanyak 12 kali pelanggaran. Ingin tahu berapa jumlah kartu kuning dan kartu merah yang dicabut korps baju hitam? Tidak ada kartu merah langsung. Yang ada satu kartu merah dari dua kali kartu kuning dalam satu laga.

Sedangkan jumlah kartu kuningnya hanya berkisar 17 buah. Dibandingkan Barcelona misalnya. Dengan 107 pelanggaran yang dibuat, wasit bahkan sampai harus mengeluarkan 23 kartu kuning untuk La Blaugrana – julukan Barca. ”Dan Rabu malam nanti (Kamis dini hari nanti WIB) saya yakin pemain mereka pasti ada yang mencoba mengganggu kami dengan membuat pelanggaran,” klaimnya.

Gabi menjadi pemain yang wajib diwaspadai. Itu karena gelandang gaek yang berusia 32 tahun tersebut sudah melakukan 19 kali pelanggaran. Faktanya, dengan rata-rata 2 pelanggaran per game-nya Gabi hanya mendapatkan dua kartu kuning dari 10 kali bermain di Liga Champions. Bersama Gabi ada Diego Godin, Koke, dan Oliver Torres yang sama-sama mengoleksi dua kartu kuning.

Akan tetapi, Bernat layak lega. Wasit yang memimpin duel pertama semifinal Liga Champions nanti mempunyai rekam jejak menguntungkan bagi Die Roten – julukan Bayern. UEFA menugaskan wasit asal Inggris Mark Clattenburg untuk memimpin pertandingan tersebut. Marca mengklaim, rekor Bayern bersama wasit kelahiran Durham, 41 tahun silam itu mencapai 100 persen.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan