oleh

Atletico Madrid vs Bayern Muenchen, Cholismo Jangan Sampai Runtuh

 

bandungekspres.co.id, MADRID – Kejayaan Atletico Madrid tidak lepas dari filosofi Cholismo. Seperti namanya, filosofi itu ditancapkan entrenador Diego Simeone ke dalam klub berjuluk Los Rojiblancos tersebut. Musim 2015-2016 ini, dengan Cholismo-nya Simeone berhasil membawa klubnya menggila di La Liga juga di Liga Champions.

Akan tetapi, kedatangan Josep Guardiola bersama dengan armada Bayern Muenchen-nya dalam leg pertama semifinal Liga Champions di Vicente Calderon, Madrid, dini hari nanti berpotensi merusak bulan madu Cholismo. Sebab, di antara pelatih elit Eropa yang pernah menghadapi El Cholo – julukan Simeone, Guardiola yang belum pernah kalah.

Baca Juga:  Meski Manchester City Gagal Juara, Guardiola Tetap Merasa Puas

Dua kali bersua di La Liga 2011-2012, dua kali pula Guardiola bersama filosofi Guardiolismo-nya menumbangkan Atletico. Di Camp Nou dengan 5-0, lalu di Vicente Valderon 2-1. ”Sekarang, kami butuh bermain dengan hati, kaki, dan kepala dalam roadmap kami. Kami harus mengubah segalanya,” ucap Simeone, dikutip dari Eurosport.

Cholismo adalah filosofi yang dicurahkan Simeone dalam buku biografinya berjudul El Efecto Simeone: La Motivacion Como Estragia. Filosofi ini memfokuskan permainan tim dibandingkan skill individu pemain. Nah, dengan filosofi ini Atletico menjelma sebagai klub dengan pertahanan terbaik di Eropa.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Baca Juga