Ratusan Pegawai Dishub Jalani Tes Urine

bandungekspres.co.id, BOJONGLOA KALER – Dalam rangka wujudkan birokrasi bebas narkotika dan obat-obatan terlarang, ratusan pegawai Dinas Perhubungan Kota Bandung menjalani tes urine mendadak, kemarin.

Kegiatan itu merupakan hasil kerja sama antara Badan Kepegawaian Daerah dan Badan Narkotika Nasional Kota Bandung. Hal ini bentuk keseriusan Pemerintah Kota Bandung dalam memberantas peredaran narkoba di kalangan PNS.

Kepala Dishub Kota Bandung Didi Ruswandi mengatakan, sebagai lembaga yang memberikan pelayanan transportasi dan lalu lintas, akan sangat berbahaya jika mengonsumsi narkoba.

Maka itu, pihaknya sangat mendukung adanya kegiatan tes urine, yang berdampak terhadap peningkatan kinerja para pegawai lantaran bersih dari efek negatif penyalahgunaan barang haram tersebut.

Jika dalam kegiatan kali ini ada yang hasilnya positif, tidak bakal langsung ambil tindakan. Namun diklarifikasi secara jelas apakah positif gunakan narkoba atau obat-obatan lain. ’’Seperti kata BNN, kalau hasilnya positif belum tentu juga karena makai narkoba. Jadi ada proses lanjutan disana, termasuk jika benar karena narkoba ya akan direhabilitasi,” jelas Didi.

Didi menyatakan, akan berikan sanksi tegas bagi anak buahnya yang mengonsumsi barang haram tersebut. Bahkan, jika memungkinkan, pemecatan akan dilakukan kepada oknum yang terbukti menggunakan narkoba. ’’Ya, kalau peraturannya memungkinkan dipecat, kenapa tidak? Kita masih tunggu hasilnya,’’ tukas dia.

Kepala BNN Kota Bandung Ajun Komisaris Besar Yeni Siti Saodah menerangkan, kegiatan yang diselenggarakan demi mencegah penyalahgunaan narkoba di kalangan PNS Kota Bandung. ’’Kegiatan dalam rangka juga  mendukung program pemerintah pusat terkait narkoba. Kita ingin meminimalisir peredaran narkoba  di PNS Pemkot Bandung,’’ seru Yeni.

Menurutnya, pemeriksaan itu sebagai langkah cepat menghadapi darurat narkoba di Indonesia. Jika ada yang tercatat menyalahgunakan barang terlarang itu, pihaknya dapat langsung mengambil tindakan untuk merehabilitasi.

Ke depannya, akan dilakukan tes serupa terhadap seluruh PNS Kota Bandung. Yeni berharap dengan begitu seluruh pegawai di lingkungan Pemkot Bandung bisa bebas dan bersih dari narkoba. (edy/vil)

Tinggalkan Balasan