oleh

George Soros Biayai Proyek Panama Papers

 

bandungekspres.co.id, NEW YORK – Panama Papers membocorkan data penting dalam jumlah terbesar dan terbanyak di era modern ini. Dan, George Soros tampaknya punya peran penting. Pebisnis Amerika Serikat (AS) itu disebut-sebut mendukung dan mendanai pembocoran 11,5 juta dokumen penting tentang pengemplangan pajak tokoh-tokoh dunia tersebut.

#PanamaPapers Serangan terhadap (Presiden Vladimir) Putin adalah perbuatan OCCRP (Proyek Pelaporan Korupsi dan Kejahatan Terencana) yang menarget Rusia dan negara-negara bekas Uni Soviet dan didanai oleh USAID (Badan Pembangunan Internasional milik AS) dan Soros,” cuit WikiLeaks lewat akun Twitternya Rabu waktu setempat (6/4).

OCCRP merupakan salah satu badan antikorupsi AS yang terbentuk pada 2006. Setelah populer di Negeri Paman Sam, lembaga tersebut juga lantas tenar di Eropa. Khususnya, di kawasan Eropa Timur. Bersama pemerintah, menurut WikiLeaks, Soros memanfaatkan OCCRP untuk melucuti Rusia. Yakni, dengan menyebarluaskan praktik finansial kotor orang-orang penting di sekitar Putin.

Panama Papers kali pertama diungkap koran Jerman Süddeutsche Zeitung dan lantas disebarluaskan Konsorsium Jurnalis Investigatif Internasional (ICIJ). Konon, ICIJ memutuskan untuk merilis data-data rahasia itu setelah melakukan investigasi internal selama sekitar satu tahun. Data 2,6 terabytes dalam bentuk email, dokumen dan gambar itu banyak membongkar permainan finansial kroni Putin.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga