JNE Bandung Utama Dilanda Badai Cedera

DUA seri di Indonesia Basketball League (IBL) 2016 tidak bersahabat bagi JNE Bandung Utama (JBU). Bagaimana tidak, sejumlah pemain pilar mereka dibekap cedera.

JNE Bandung Utama
LAY UP: JNE Bandung Utama dipastikan tidak diperkuat pemain bintang nereka setelah dilanda cedera lutut. Namun demikian kondisi tersebut masih bisa diantisipasi dengan memainkan starter lain. Pemain yang tida bisa bermain total saat ini di antaranya Luke Martinus.

Praktis, dengan teror cedera yang menghadang, para pemain bintang JBU pun kemungkinan tidak ikut meramaikan seri 5 di Bandung, di Gor C-tra Arena, Sabtu (2/4).

Pelatih JNE Bandung Utama Ocky Tamtelahitu mengaku, pemain yang dibekap cedera di antaranya Daniel, Ridwan, Andre Tiara, Papin. Termasuk the best player JBU Luke Martinus. ”Sementara Gian tidak maksimal karena dirudung musibah,” papar Ocky kepada Bandung Ekspres kemarin.

Khusus cedera Luke, kata dia, hingga kini tim medis masih memeriksa lutut kirinya yang belakangan mengalami pembengkakan. Di luar Luke, kata Ocky, keputusan ditentukan day by day di pertandingan. ”Yang lain, meski tidak maksimal tapi bisa dimainkan. Kalau Luke, kami masih tunggu hasil diagnosa dokter seperti apa. Khawatir cedera parah,” paparnya lagi.

Cedera lutut memang mengintervensi para pemain pro bola basket. Yang terburuk adalah Anterior Cruciate Ligament (ACL). Cedera ini terjadi pada urat di dalam sendi yang menjaga kestabilan sendi lutut. Cedera ACL umumnya juga terjadi pada sepak bola, futsal, tenis, badminton, dan olah raga bela diri.

Dia memerinci, Andre Tiara saat ini masih  terbelenggu oleh cedera hamstring. Kemudian, Daniel dan Ridwan tersandera ACL. ”Rata-rata pemain pro memang pernah mengalami cedera ACL. Beberapa pemain pro di NBA malah langsung pensiun karena cedera tersebut,” tuturnya.

Lantas bagaimana JBU dalam menghadapi seri 5? Ocky pun menurunkan Dade, Iqbal, Itun, Utun, dan Fendy sebagai starter. ”Tedy sementara tidak bisa maksimal, karena berhalangan masalah pendidikan. Alhamdulillah, puji Tuhan, di JBU banyak pemain lulusan sarjana,” ungkapnya.

Disinggung soal target seri Bandung, pria berkepala plontos tersebut menegaskan, tetap berupaya menang di enam game di seri Bandung. Upaya menang sebanyak-banyaknya, mutlak ditekankan kepada semua pemain yang diturunkan. Motivasi tersebut juga ”disuntikan” kepada pemain yang menghangatkan bangku cadangan. ”Kalau pun ada kekalahan, itu bagian dari kegagalan saya sebagai pelatih. Target kita, JBU juara,” tegasnya. (rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan