oleh

Basarnas Harus Jadi Lembaga Profesional

bandungekspres.co.id – Badan SAR Nasional berkomitmen untuk terus menjadi lembaga yang profesional, preventif dan modern, dalam menghadapi berbagai potensi bencana agar dalam melaksanakan tugas kemanusiannya lebih efektif dan efesien. Apalagi, saat ini Indonesia tengah memasuki musim hujan yang memiliki potensi bencana longsor, banjir dan lainnya yang harus tetap diwaspadai oleh seluruh masyarakat. Demikian diungkapkan Kepala Basarnas, Marsekal Madya FHB. Soelistyo, di sela-sela kegiatan Kejuaraan Berkuda Kabasarnas Cup 2016, dalam rangka HUT Basarnas ke 44 yang diselenggarakan di Lapangan Detasemen Kaveleri Berkuda, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, kemarin.

Menurutnya, Basarnas merupakan lembaga yang didukung empat komponen, TNI, Polri, pemerintah (BPBD), dan masyarakat (relawan). Kekuatan besar itu harus bisa dimaksimalkan dengan dibangun soliditas dan sinergitas seluruh elemen yang menjadi kekuatan inti Basarnas. ’’Kami berkomitmen penuh untuk menjadi lembaga yang lebih profesional dan kompak dalam menghadapi seluruh persoalan bencana alam yang terjadi di seluruh pelosok,” katanya.

Soelistyo menyatakan, dalam jajaran dan tingkatan di Basarnas diperlukan leadership yang bisa memanfaatkan potensi yang besar ini. Tanpa adanya sikap kepemimpinan yang berkarakter, maka kekuatan yang besar ini tidak akan efektif. ’’Kalau hanya jumlah besar tanpa dipimpin dan diatur tidak akan berarti apa-apa dan kinerjanya pun tidak akan maksimal,” bebernya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga