oleh

Iuran Kesehatan Naik Mulai 1 April 2016

bandungekspres.co.id– Iuran peserta mandiri JKN (Jaminan Kesehatan Nasional), yakni pekerja bukan penerima upah (PBPU) dan peserta bukan pekerja, bakal naik. Kenaikan ini akan berlaku mulai 1 April 2016.

Rinciannya, iuran peserta mandiri dengan pelayanan kelas III naik dari Rp 25.500 menjadi Rp 30.000 per orang/bulan. Sedang peserta kelas II harus membayar Rp 8.500 lebih besar dari iuran sebelumnya, yakni dari Rp 42.500 menjadi Rp 51.000 per orang/bulan.

Baca Juga:  Serba-serbi Modus Pemudik Nekat: Dari Mudik ala Rombongan Pengajian Hingga Pura-pura Pingsan

Berbeda dengan dua kelas sebelumnya, kenaikan iuran untuk peserta mandiri dengan pelayanan kelas I jauh lebih mahal. Peserta harus membayar sebesar Rp 80.000 per orang/bulan dari iuran sebelumnya Rp 59.500 per orang/bulan. Perubahan ini diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan Kedua Atas Perpres nomor 12 Tahun 2013 tentang Jaminan Kesehatan.

”Selain peserta mandiri, besaran iuran PBI (penerima bantuan iuran) juga naik menjadi Rp 23.000 per orang/bulan. Sudah berlaku sejak Januari,” tutur Kepala Humas Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Irfan Humaidi pada koran ini, kemarin (11/3).

Baca Juga:  Buka Seleksi Jalur Mandiri, Unpad Sediakan 40 Persen Kuota dari 6.300

Selain perubahan besaran iuran peserta mandiri dan PBI, dalam Perpres yang diundangkan pada 1 Maret 2016 ini juga memuat adanya perubahan komposisi iuran bagi peserta pekerja penerima upah (PPU), yang meliputi aparatur sipil negara (ASN), anggota TNI, anggota Polri, pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, serta pegawai pemerintah non-ASN. Hal itu tercantum dalam pasal 16B ayat 2. Iuran mereka dibayarkan dengan komposisi 2 persen oleh pekerja dan 3 persen oleh pengusaha. Sebelumnya, komposisi pembayaran 1:4, untuk 1 persen pekerja dan 4 persen pemberi kerja. ”Non PNS komposisi masih sama, 1 persen pekerja dan sisanya pemberi kerja,” papar Irfan.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga