Usung Spirit Baden-Powell

bandungekspres.co.id – Bahagia, kerajinan, kesehatan, dan kepedulian. Semangat itu diusung dalam gelaran Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Gerakan Pramuka di Bumi Perkemahan Cibubur kemarin (23/2). Seluruh semangat itu terinspirasi sosok pendiri gerakan pramuka Robert Baden-Powell.

Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault memimpin gelaran rutin itu. Baginya semangat Robert Baden-Powell bisa digunakan untuk membangun Indonesia lebih baik.

”Misalnya dengan happy (bahagia). Pramuka harus bisa selalu gembira dan menggembirakan,” jelasnya.

Kemudian semangat handycraft atau kerajinan. Maksudnya adalah kader Pramuka harus aktif ikut mendorong ekonomi kreatif bangsa.

Selanjutnya anggota Pramuka juga mesti sehat badan dan jiwanya. Serta, ikut peduli terhadap diri sendiri dan masyarakat di sekitar.

Adhyaksa mengatakan, salah satu agenda besar yang dibahas dalam rakernas kali ini adalah kesuksesan dan kelancaran pelaksanaan Jambore Nasional 2016.

Mantan Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) itu mengingatkan agar Pramuka tidak terjebak dalam bentuk kegiatan-kegiatan formalitas. Dia berharap setelah event apapun yang diselenggarakan Pramuka harus membekas dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari oleh seluruh anggotanya. (wan/sof/rie)

Tinggalkan Balasan