Sungai Citarum Meluap, Tanggul Jebol Rendam Rumah di Tiga Kompleks

”Sebanya 14 personel itu dari beberapa unit dan ada fungsi masing-masing. Anggota Bimas memantau ke masyarakat, anggota Lantas mengatur lalulintas, anggota Reskrim antisipasi adanya pencurian dan anggota Intel penggalangan masyarakat untuk diteksi dini,” kata Sudi kemarin.

Ada beberapa titik yang tergenang banjir, tutur Sudi, Di Kampung Cieunteung RW 20 dan 28. Kelurahan Andir air menggenang di Kampung Cigosol, terdapat enam RW yang tergenang banjir yakni RW 06, 07, 08, 09, 10 dan 13.

Menurut Sudi, banjir mulai menggenang dua keluarahan tersebut pada Senin (22/2) sekira pukul 23.00. Tapi hingga berita ini diturunkan, warga masih bertahan di rumah masing-masing.

Banjir yang menggenang Bandung selatan ini, kata dia, membuat akses jalan dari Baleendah menuju Rancamanyar terputus. ”Air menggenang jalan Andir-Rancamanyar di Kampung Cigosol, jadi tidak bisa dilewati kendaraan,” katanya.

Menurutnya, ketinggian air yang menggenang jalan mencapai 60 sentimeter. Sehingga tidak bisa dilalui oleh semua jenis kendaraan. ”Warga menggunakan perahu karena kendaraan tidak bisa lewat,” ungkapnya.

Sudi juga menjelaskan, jalan tersebut merupakan satu-satunya akses menuju Kelurahan Andir dari kelurahan Baleendah dan Dayeuhkolot. ”Ada alternatif jalan, tapi harus memutar jaraknya juga jauh,” jelasnya sambil merekomendasikan warga yang hendak menuju Rancamanyar dari Baleendah supaya menggunakan jalan Rencong-bojongmalaka-Cibaduyut.

Sementara itu, Kepala BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Bandung H Tata Irawan menyebutkan, pihaknya telah mengirimkan bantuan pompa air ukuran 3 PK ke sejumlah desa yang selama ini kerap dilanda banjir. ”Bantuan ini sesuai dengan permintaan masing-masing desa, bahkan ada beberapa desa yang telah diberikan bantuan sarana perahu kayu untuk kepentingan evakuasi korban banjir,” ucap Tata.

Sedangkan, Bupati Bandung H. Dadang M. Naser mengungkapkan, kewenangan untuk menormalisasi aliran Sungai Cikeruh berada di tangan Balai Besar Wilayah Sungai Citarum (BBWS). Pihak Pemkab Bandung kata pria yang kerap disingkat dengan sapaan DN itu, telah meminta BBWS untuk segera melakukan penanganan Sungai Cikeruh agar genangan banjir bisa diminimalisir.

Khusus kepada warga yang berada di pinggiran sungai, DN meminta agar turut membantu penanganan aliran sungai dengan tidak membuang sampah ke aliran sungai. Hal itu ditekankan saat melakukan peninjauan ke lokasi banjir di Desa Rancaekek Kulon.

Tinggalkan Balasan