Paguron Cakra Pusaka Peringati Hari Jadi

Berbagi Sembako dengan Murid

bandungekspres.co.id – Paguron Pencak Silat Cakra Pusaka di Kampung Cipinang RT 03/RW 02 Desa Gandasari Kecamatan Katapang memeringati berdirinya paguron itu, belum lama ini. Para jawara pun membagikan sembako kepada murid yang layak menerimanya.

Kepala Desa Gandasari Solihin Rizal mengatakan, langkah yang dilakukan paguron tersebut harus ditiru, Sebab, sangat jarang ada paguron yang peduli dengan membagikan sembako sebagai kepedulian terhadap muridnya.

”Ini akan membangkitkan murid untuk cinta terhadap paguronnya. Demikian juga sebaliknya masyarakat juga tidak akan segan menitipkan anak anaknya untuk berlatih di paguron itu,” ujar Kades Rizal.

Pembagian sembako itu dilakukan bertepatan dengan ulang tahun berdirinya paguron Cakra Pusaka. Setelah dikukuhkan satu tahun lalu, paguron ini berkewajiban memperlihatkan kepiawaan hasil didikannya itu kepada publik.

”Kami juga perlu membimbing dengan baik murid-murid kami agar selama berlatih di sini meraka bisa membaktikan dirinya kepada orang tua, masyarakat dan negara,” terang Ketua paguron Apep Supriatna.

Dalam pengukuhan yang dilakukan oleh Gajah Putih Mega Paksi Pusaka (GPMPP) itu dikaitkan dengan syukuran pembentukan paguron itu sejumlah pengurus GPMPP Kabupaten Bandung. Bahkan tokoh masyarakat, pemuda serta para orang tua murid paguron pun ikut menyaksikan prosesi pengukuhan dan atraksi putra putrinya.

Sementara itu, penasehat Paguron Cakra Pusaka Ayah Tono mengatakan, setiap gerak, ucap dan langkah yang dilakukan oleh Paguron Cakra Pusaka merupakan tanggung jawab perguruan GPMPP Kabupaten Bandung.

”Dengan begitu saya sebagai penasehat hanya mengingatkan saja bahwa setiap pergerakan yang dilakukan oleh Paguron Cakra Pusaka harus sesuai dengan AD/ART GPMPP Kabupaten Bandung,” tandas Tono. (gun/rie)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan