Angkat Cerita Rakyat Tanah Air, 100 Pekerja Seni Ikut Alkisah

bandungekspres.co.id – Kawasan Terpadu Trans Studio Bandung bersama Bakti Budaya Djarum Foundation mengangkat kembali cerita legenda leluhur melalui pameran foto bertajuk Alkisah yang mengangkat tujuh belas cerita rakyat Indonesia melalui seni fotografi di Atrium Utama Trans Studio Mall Bandung mulai 22-28 Februari. Ini merupakan kali ketiga terselenggaranya acara setelah sebelumnya dilaksanakan di Jakarta dan Surabaya.

Pameran tersebut menampilkan beberapa foto sejumlah selebritis yang bertema cerita rakyat karya Rio Wibowo atau yang sering dikenal dengan nama Rio Motret. Event ini melibatkan seratus pekerja seni dari kalangan selebritis, desainer, dan stylish.

Ide alkisah sendiri muncul ketika Rio menyadari bahwa saat ini kecenderungan anak mengetahui cerita rakyat Indonesia sangatlah kurang. Sementara di luar negeri justru banyak dongeng-dongeng yang lebih dikenal oleh anak Indonesia. Padahal, di Indonesia sendiri masih banyak cerita rakyat menarik yang bisa diketahui. Oleh karena itu, Rio bertekad untuk membuat sebuah pameran foto yang menceritakan cerita rakyat Indonesia. Sehingga bisa membuat masyarakat Indonesia lebih mengenal kebudayaan mereka sendiri.

”Pameran foto ini merupakan salah satu pencapaian karier saya sebagai fotografer. Ini merupakan kebanggan saya tersendiri bisa mengajak teman-teman artis, desainer dan stylish untuk ikut menyukseskan acara ini,” ungkapnya.

Dia juga berharap kesuksesan dari acara ini dapat memicu masyarakat untuk lebih mengenal budaya Indonesia dan melestarikannya.

”Meskipun di era sekarang sudah penuh dengan modernisasi dan hal-hal yang kekinian, bukan berarti warisan bangsa kita jadi terlupakan begitu saja,” ucapnya.

Meisya Siregar, yang didaulat menjadi salah satu pengisi acara mengungkapkan, ide yang dibuat Rio sangat luar biasa. ”Senang sekali bisa ikut dalam project ini. Meskipun ini merupakan project terima kasih hehe. Tapi aku beruntung banget bisa tergabung dalam project ini. Sampai anak saya saja begitu saya pakai kostum dia kaget sekali katanya mama keren banget,” tuturnya.

Sementara itu, Bagus Prastowo selaku GM Marketing Communication Kawasan Terpadu Trans Studio Bandung mengatakan, dengan menghadirkan pameran foto-foto Alkisah, menjadikan sebuah media untuk memperkenalkan cerita rakyat Indonesia melalui seni fotografi khususnya terhadap generasi muda. ”Kami berharap kesuksesan pameran foto Alkisah di Trans Studio Mall ini dapat menginspirasi masyarakat khususnya warga Bandung untuk lebih mengenal cerita rakyat yang ada di Indonesia,” ungkap Bagus. (ifa/fik)

Tinggalkan Balasan