Persib Masih Butuh Jendral Lapangan Tengah

bandungekspres.co.id– Pemain berposisi gelandang di Persib Bandung cukup menumpuk. Sebut saja, Hariono, Taufiq, Kim Jefrey Kurniawan, Rahmad Hidayat, Gian Zola Nasrullah dan Marko Krasic. Namun diantara enam pemain itu, belum ada yang bisa berperan sebagai ‘Jendral Lapangan Tengah’

Eks Penggawa Persib era 90-an, Yudi Guntara menilai keberadaan playmaker di sebuah tim akan menjadi pembeda dalam pertandingan. Sayangnya, selepas Firman Utina hijrah ke Sriwijaya FC, Persib belum punya pemain yang satu tipe dengannya.

”Di tengah saya kira belum ada pemain yang mengatur sebagai jedral lapangan. Sekarang tipikalnya semua pekerja keras dan defense,” tutur Yudi, kemarin (21/2).

Dengan adanya pembagi bola di Persib, Yudi yakin tim kebangaan bobotoh ini akan kian kuat. Memang dia sampaikan, pelatih Persib Dejan Antonic sedang mancari-cari komposisi ideal untuk timnya.

”Kalau Atep bukan tipe seperti itu karena dia main di sayap. Padahal itu sangat penting untuk mengatur ritme permainan,” imbuhnya.

Selain itu, berbeda dengan musim 2014 dan 2015 lalu, dimana sektor kanan Persib sangat runcing dengan dimotori Supardi Nasir dan M Ridwan. Kini justru sisi Tony Socipto di area kanan yang terlihat sangat dominan.

Hal ini dia lihat berdarkan dua laga yang sudah dilakoni Persib, salah satunya pada partai,ujicoba melawan Bali United, Sabtu (13/2) lalu.

”Kalau dulu kunci keberhasilan Persib itu di sektor kanan, disitu ada Supardi, M Ridwan, Firman Utina atau (Makan) Konate sekali-sekali,” katanya.

Namun Yudi percaya Dejan punya insting untuk mendatangkan pemain yang pas untuk kebutuhan tim. Buktinya, pemain yang Dejan boyong dari Persipasi Bandung Raya (kini Madura United), memberikan kontribusi positif.

Misalnya, Rahmad Hidayat dan David Laly yang mampu mencetak gol saat mengalahkan PSS Sleman 4-2, pada laga perdana Bali Island Cup (BIC), di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar Bali, Kamis (18/2) lalu. ”Pemain yang dibawa Dejan ini cukup punya kemampuan dan layak di Persib,” ungkapnya.

Yudi pun menaruh harap, para pemain yang diboyong Dejan bisa kian tune-in dengan pemain lainnya yang sudah lama bergabung. Tapi dia katakan, dari segi mental pun para pemain tersebut harus terus diasah. Sebab, tampil dengan PBR tentu atmosfernya akan jauh berbeda kala memperkuat Persib, yang notabene salah satu tim besar di Indonesia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan