Kantong Plastik Berbayar Diterapkan

Namun, Carrefour juga menyediakan kantong belanja yang dibuat dengan bahan lebih kuat. Bentuknya seperti goodie bag berwarna hijau. Kantong yang disebut green bag tersebut harganya bermacam-macam dari Rp 7.900, Rp 8.900, Rp 14.900 hingga Rp 19.900 tergantung ukuran. ”Itu lebih hemat karena bisa dipakai berkali-kali,” tukasnya.

Dengan dimulai gerakan mengurangi plastik secara nasional itu, Hamid berharap konsumen mau membawa tas belanja sendiri daripada membeli kantong plastik. ”Sekarang edukasi dari pemerintah dan komunitas-komunitas sangat intens, saya yakin masyarakat bisa lebih mengerti tentang bahaya plastik bagi lingkungan,” sebutnya.

GM Komunikasi Alfamart, Nur Rachman mengatakan, pihaknya telah siap melaksanakan program kantong plastik berbayar. Kantong plastik di Alfamart tidakmlagi diberikan secara cuma-cuma tapi akan diperlakukan seperti barang dagangan, termasuk diberi kode barang. ”Kami sudah informasikan ke seluruh cabang,” jelasnya.

Sementara itu, di Bandung pemberlakukan kantong plastik berbayar di Kota Bandung, secara resmi diluncurkan Wali Kota Bandung, M. Ridwan Kamil di pelataran Superindo Bandung, Jalan Ir H Djuanda, Bandung, kemarin.

Ridwan Kamil mengatakan, kebiasaan masyarakat yang menjadikan kantong plastik sebagai sebuah kebutuhan saat berbelanja, menunjukkan, masyarakat saat ini sudah sangat manja. Sebab, era modern, telah mengubah kebiasaan baik yang telah diturunkan para leluhurnya terdahulu. Di mana orang tua terdahulu telah memberikan contoh atau teladan yang sangat baik dan patut untuk dicontoh karena selalu membawa tas sendiri di rumahnya ketika akan berbelanja ke pasar.

”Secara tidak langsung, nenek moyang kita terdahulu telah mengajarkan kita untuk tidak menggunakan kantong plastik saat berbelanja ke pasar,” katanya.

Pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan, penggunaan kantong plastik sepertinya sudah menjadi kebiasaan masyarakat masa kini. Bahkan penggunaan kantong plastik membuat para pelaku usaha harus mengeluarkan biaya produksi yang sangat besar dalam satu tahun. Karena untuk satu merk saja pelaku usaha harus merogoh koceknya sendiri sebesar Rp 100 miliar per tahun. Angka yang sangat besar dan akan lebih bermanfaat jika dicanangkan untuk hal yang lain.

Lebih lanjut Emil menegaskan, dengan diberlakukannya kantong plastik berbayar, maka kantong plastik yang disediakan pelaku usaha harus dibeli konsumen sebesar Rp 200 pieces. Harga tersebut, merupakan harga minimal yang diberlakukan pemerintah pusat. Namun mesti kantong plastik tersebut dibeli oleh konsumen.

Tinggalkan Balasan