Totti Bukan Pembeda, Tapi Raja

FRANCESCO Totti seakan sudah mengubah Luciano Spalletti seperti orang bodoh. Begitu bodohnya sampai-sampai dia mengaku kepada media Spanyol AS bahwa dirinya akan menghadapi Real Madrid di Olimpico, dini hari nanti dengan formasi 4-2-3-0.

Lho kok bisa? Dahi pasti mengernyit mendengarnya. Karena yang ada formasi 4-2-3-1. ’’Kalian pasti tidak akan tahu di mana ada posisi nol. Sebab dia bisa ada di mana-mana, dan dia adalah pemain yang sensasional, panggil dia (Francesco) Totti,’’ sebut Spalletti

Spalletti tidak menyebut Totti sebagai pemilik posisi 1 dalam 4-2-3-1 itu. Karena Totti sudah bukan jadi pembeda seperti tahun-tahun sebelumnya. Musim ini, dengan usianya yang sudah 39 tahun hanya lima kali dia bermain untuk Il Lupi – julukan Roma.

Spalletti lebih suka menyebut Totti di posisi nol. Dengan bentuk nol yang bulat itu, Totti bisa di mana pun tempatnya di Roma. Dari sisi histori, Totti seperti judul salah satu film laga Indonesia keluaran November 2009 silam, Serigala Terakhir.

Sebab dia adalah one man club hebat terakhir yang masih berkeliaran. Bukan hanya di Roma, juga di Serie A dan di dunia. Selain sebagai legenda, Totti juga bisa menjadi mentor bagi pemain-pemain yang usianya jauh lebih muda darinya.

Miralem Pjanic salah satu yang pernah dimentorinya. Suatu malam di pekan terakhir Januari lalu, Totti mengajak Pjanic makan malam di sebuah restoran di Italia. Diceritakan La Gazzetta dello Sport, Totti membagikan ilmunya sebagai regista kepada Pjanic.

Dalam formasi 4-2-3-1 ala Spalletti, regista berperan sebagai pengatur permainan dari pusat lapangan. Di antara pemain Roma saat ini, Pjanic-lah yang paling cocok untuk peran itu. Peran regista biasanya gelandang yang punya visi main, kontrol bola dan pemain kreatif.

’’Mulai dari sekarang, Roma sudah tidak bisa menggantungkan pada kemampuannya. Sebaliknya, lebih memanfaatkannya untuk mengangkat tim ini lagi, dan mulai berpikir berbeda,’’ tuturnya. Kontrak Totti bersama Roma habis pada akhir musim ini.

Belum ada tanda-tanda kontrak Totti diperpanjang. Totti juga belum menentukan ke mana dia setelah kontraknya dengan Roma habis. Setali tiga uang, Totti juga tidak mendesak petinggi Roma untuk memperpanjang durasi kontraknya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan