Ingin Aher Jadi Presiden

bandungekspres.co.id – Seorang pedagang sop kaki kambing dan sapi di Jalan Burangrang, Kota Bandung Tato Tirani, 39, punya harapan besar pemimpin pemerintahan Indonesia berada di pundak orang Sunda.

Pria yang hanya berlulusan SMP ini telah berjualan hampir 15 tahun ini menjadikan salah satu mata pencahariannya setiap hari dengan hasil dapat menafkahi istri dan membiayai anaknya sekolah.

Pedagang yang memberi nama dagangan Sop Kaki Kambing dan Sapinya ”Tiga Saudara” ini menempelkan sebuah ajakan sekaligus motivasi bagi para pengunjungnya yaitu Kasunyatan, ”geus waktu na urang sunda anu nyunda naek ka panggung”. Maksud kalimat tersebut menurutnya, pada saat diajak ngobrol sambil menyantap sop kaki nya beliau mengingingkan ada figur pemimpin dari Jawa Barat yang mampu memimpin negerinya.

Sekalipun dia merupakan keturunan Jawa Tengah, tapi baginya sudah saatnya orang Sunda maju dan dapat menjadi Presiden RI. ”Tah, mun tiasa mah pak Aher urang dukung ku salarea, (Nah, kalau bisa pak Aher kita dukung bersama,” tuturnya.

Tato pun selalu memajang lambang Garuda di pohon depan jongkonya setiap hari. Dan pada saat ditanya kenapa dia selalu membawa Garuda tersebut selama berjualan? baginya Garuda itu penuh makna. Bahkan pedagang ini mengharapkan adanya persamaan antara warga, khususnya pendatang/pembelinya.

Dia teringat selalu dan termotivasi melihat Garuda yang selalu ditempelnya dapat melaksanakan kebhinekaan dalam kesehariannya.

Meh teu loba pancegadan di nagara urang teh ari aringet kanu sejarah jeung makna Garuda mah, (Biar tidak banyak larangan di Negara kita kalau ingat kepada sejarah, dan makna Garuda,” tambanya. (a1/rls/hep/fik)

Tinggalkan Balasan