Baznas Salurkan Bantuan Korban Banjir di Cijotang

bandungekspres.c.o.id– Badan Amil zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jawa Barat, langsung terjun ke lokasi bencana dan memberikan bantuan kemarin (10/2). Itu merupakan upaya penanganan pasca banjir yang melanda warga Kampung Cijotang RT 05/RW 08 Kelurahan Cibeunying, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung.

Ketua Baznas Jawa Barat, KH Arif Ramdani mengungkapkan, bantuan difokuskan kepada 10 kepala keluarga (kk) yang menjadi korban meluapnya anak sungai Cidurian.

”Bantuan yang disalurkan mencakup sejumlah kebutuhan pokok seperti, beras, mie instan, minyak goreng, dan sejumlah kebutuhan pokok lainnya termasuk kasur, selimut, pakaian layak pakai, perlengkapan sekolah , dan uang tunai masing-masing Rp 500 ribu” ujarnya.

Arif menambahkan, Baznas Jawa Barat sebagai salah satu lembaga pemerintah yang fokus terhadap masalah-masalah sosial dan kemanusiaan tentu tidak akan berdiam diri saat melihat bencana terjadi. ”Walaupun bantuan yang kita berikan masih sangat terbatas, namun kita berharap bantuan ini akan bermanfaat bagi saudara-saudara kita yang terkena musibah” paparnya.

Sementara itu, Ketua RW 08, Mamat Ruhimat mengatakan, akibat banjir bandang yang terjadi senin (8/2), sebanyak 10 rumah warga terendam banjir. Bahkan salah satu di antaranya luluh lantak dan rata dengan tanah.

”Tapi Alhamdulilah, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerugian yang dialami warga diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah,” tegasnya.

Menurut Mamat, sampai dengan saat ini pihaknya secara swadaya terus berupaya memberikan bantuan terhadap warga yang terkena musibah.

Mamat menambahkan, selain menggalang bantuan secara swadaya pihaknya juga terus berkoordinasi dengan aparat daerah.

”Alhamdulilah bantuan dari pihak kecamatan dan kelurahan sudah berdatangan, termasuk bantuan dari Baznas Jawa Barat,” pungkas dia. (yan/rie)

 

Tinggalkan Balasan