Menjadi Media yang Mencerdaskan Bangsa

Abubakar Ucapkan Selamat Ulang Tahun

Bupati Bandung Barat Abubakar mengucapkan selamat ulang tahun yang ke-7 Harian Umum Bandung Ekspres (Jawa Pos Group). Menurut orang nomor satu di Kabupaten Bandung Barat ini, lahirnya media massa sebagai pilar ke-4, harus mampu berikan informasi yang aktual, berimbang dan mampu mencerdaskan bangsa, khususnya wilayah Kabupaten Bandung Barat. ’’Kami ucapkan selamat dan sukses untuk Harian Umum Bandung Ekspres. Semoga makin sukses sebagai media yang mampu mencerdaskan bangsa,’’ kata Abubakar di Lembang, kemarin.

Abubakar menuturkan, kehadiran media massa seperti Harian Umum Bandung Ekspres terutama dalam memberikan informasi di Kabupaten Bandung Barat, diharapkan dapat memberikan informasi yang mendidik dan juga pengetahuan bagi masyarakat. Seperti halnya peristiwa-peristiwa yang terjadi di tengah masyarakat. ’’Baik itu dalam memberikan informasi pendidikan, agama, peristiwa bencana dan informasi yang mendidik dan menjadi tuntunan masyarakat,’’ urainya.

Untuk itu, jika media massa dikelola dengan baik dalam menyajikan informasi, tentu informasi yang dibaca oleh masyarakat juga akan berdampak baik. Sebaliknya, jika sudah tidak akurat dalam mengelola informasi, tentu hasilnya juga bakal buruk. ’’Artinya harus menginformasikan yang sebaik-baiknya dengan fakta di lapangan. Jangan sampai hal yang baik justru diinformasikan menjadi jelek,’’ ujarnya.

Hadirnya media massa memudahkan dalam memberikan informasi tentang pembangunan di Kabupaten Bandung Barat. Dengan media, segala macam program pemerintah dapat diketahui oleh masyarakat luas. Sehingga, masyarakat akan lebih mengerti dan memahami perkembangan yang sedang dilakukan oleh pemerintah daerah. ’’Ketika pemerintah tengah melakukan pembangunan infrastruktur misalnya, bisa disampaikan melalui media massa, hal ini juga membantu pemerintah,’’ katanya.

Abubakar menjelaskan, saat ini kehadiran media massa sudah ada di berbagai wilayah. Dengan hadirnya media massa juga, selain mendorong dalam menginformasikan program pemerintah, juga mampu memberikan kritikan serta masukan dari masyarakat kepada pemerintah. ’’Hadirnya media juga memberikan kritikan dan harapan masyarakat kepada pemerintah. Dari media juga kita tahu segala hal yang diinginkan masyarakat,’’ sahutnya.

Menurut Abubakar, hadirnya media massa di Kabupaten Bandung Barat, dapat merangsang jajaran Pemkab Bandung Barat untuk lebih tanggap terhadap permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat. Artinya, lanjut Abubakar, dalam dunia pers saat ini, tidak lagi dapat menutup mata informasi yang berkembang di tengah masyarakat. ’’Artinya kami tidak bisa menutupi segala peristiwa dan kejadian di tengah masyarakat. Kita harus lebih sigap menanggapi keinginan masyarakat,’’ pungkasnya. (drx/vil)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan