Tambah Satu SMK

bandungekspres.co.id– Pemerintah Kabupaten Bandung Barat berencana membangun satu sekolah menengah kejuruan (SMK) negeri tahun ini. Sebelumnya, Bandung Barat telah memiliki tiga SMKN, yakni SMK Negeri 1 Rongga, SMK Negeri 1 Saguling dan SMK Negeri 1 Cipatat.

”Sekarang yang akan dibangun yaitu SMK Negeri 1 Cisarua,” ujar Kepala Bidang SMA/SMK Dinas Pendidikan Bandung Barat Hasanudin kepada Bandung Ekspres di kantornya kemarin (4/2).

Diakui olehnya, pembangunan SMK Negeri 1 Cisarua terlambat. Hal tersebut disebabkan karena diberlakukannya undang-undang baru tentang SMA/SMK. Akan tetapi, dia menegaskan untuk pembangunan sendiri sudah tersedia lahannya. Bahkan, pembebasannya juga sudah dilakukan.

Seluas 1,5 hektar tanah sudah dibebaskan untuk pembangunan SMK tersebut. Anggaran yang digunakan untuk pembangunan SMK yaitu dari Anggaran Pusat melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Sisanya akan dibantu oleh Dinas Pendidikan Jawa Barat.

”Hal tersebut mengingat anggaran dari Bandung Barat masih banyak dialokasikan untuk anggaran yang lebih pokok,” katanya.

Dia menegaskan, SMK saat ini disiapkan untuk langsung bekerja. Namun, kebanyakan SMK di Bandung kebanyakan program IT dan Jaringan Komputer. Dalam pemetaaan pengembanga pembangunan Bandung Barat di bagi menjadi tiga wilayah.

Wilayah Utara, Tengah dan Selatan. Untuk wilayah tengah akan dipersiapkan industri, selatan untuk pertanian dan peternakan dan utara disiapkan untuk pariwisata. Dibangunnya SMK Negeri 1 Cisarua nantinya, akan menyiapkan lulusan yang berorientasi pada pariwisata.

”Hal tersebut mengacu pada pengembangan Bandung Barat. Untuk itu di SMK Negeri 1 Rongga nantinya akan dibuka jurusan pertanian dan peternakan,” jelasnya.

Dia menambahkan, saat ini di Bandung Barat masih minim dengan jurusan peternakan dan pertanian. Walaupun di Lembang sudah ada hanya saja baru terfokus pada unggas dan sapi. Sementara peternakan yang lainnya masih belum ada (nit/fik)

Tinggalkan Balasan